Aku pun tidak menyangka akan betak mengikuti Solomon's Perjury sampai akhir. Drama garapan sutradara Kang Il-soo ini tidak cukup disorot sehingga tidak pernah mencapai rating tiga persen. See? Angka itu bukan rating yang bisa mengundang penonton. Tapi, karena saat itu aku tidak sengaja melihat episode perdananya, aku sama sekali tidak berekspektasi. Masih ada beberapa wajah familiar. Misalnya, Kim Hyun-soo dan Cho Jae-hyun. Itu saja sudah cukup menjadi alasanku mencoba menonton Solomon's Perjury.

Cerita berawal dari kisah Lee So-woo (Seo Young-joo) yang ditemukan meninggal di sekolah. Sebagai yang menemukan jasad So-woo, Ko Seo-yeon (Hyun-soo) dan Bae Joon-young (Seo Ji-hoon) sangat shock. Apalagi, mereka satu kelas. Sebelumnya, So-woo meninggalkan sekolah karena dianggap memicu perkelahian dengan Choi Woo-hyuk (Back Cheol-min). Dengan pihak sekolah yang mencoba menutupi kasus dan polisi yang menganggap So-woo bunuh diri, sekelompok siswa Jeong Guk High School mengadakan sidang untuk mengungkap kebenaran.

Saat itu yang terbersit pertama di pikiranku adalah: "Wah, keren juga ini. Pembunuhan di sekolah. Sepertinya drama bintang-bintang baru." Beberapa teman pecinta drama Korea pun setuju kalau Solomon's Perjury berpotensi. Sayangnya, rating berkata lain. Setiap minggu drama ini seperti tidak pernah dilirik. Bahkan, rating beberapa episode hanya nol koma sekian. Miris ya. Drama ini memang tayang bersamaan dengan Goblin (tvN). Tapi, rasanya keterlaluan kalau rating-nya bahkan tidak mendekati angka tiga.

Perlu diakui, Solomon's Perjury berpotensi besar menjadi drama yang membosankan. Karakternya itu-itu saja. Tidak ada plot twist yang membuat emosi jungkir-balik. Setting-nya pun sebagian besar di aula sekolah. Selain itu, drama ini merupakan adaptasi novel berjudul sama karya Miyuki Miyabe yang sudah difilmkan. Alhasil, para fansnya mungkin terlalu membanding-bandingkan atau melihat Solomon's Perjury sebelah mata. Padahal, akting anak-anak itu sangat bagus. Buktinya, aku sama sekali tidak merasa bosan. Aku tonton menit demi menit sampai episode terakhir, episode 12. Aku pun semakin penasaran saat ada yang bilang, "Sebenarnya nggak mati kok itu. Cuma prank." Meski aku sedikit annoyed karena di-spoiler, aku jadi semakin tertarik menanti sampai akhir.

If you have so many spare times, tidak ada salahnya mengisi waktu sambil menonton drama yang ditayangkan di stasiun TV JTBC ini. Tapi, kalau kamu punya banyak drama Korea yang belum ditonton, I don't recommend this one.

Judul: Solomon's Perjury (솔로몬의 위증) | Sutradara: Kang Il-soo | Penulis: Kim Ho-soo | Pemain: Kim Hyun-soo, Jang Dong-yoon, Seo Ji-hoon, Seo Young-joo, Cho Jae-hyun | Tanggal tayang: 16 Desember 2016-28 Januari 2017 | Jumlah episode: 12 | Durasi: 60 menit | Stasiun TV: JTBC | Produksi: iWill Media | My Rating: ❤❤❤