Booking Hotel Paling Murah

Sunday, July 31, 2016
Picture by touristmeetstraveler

I'm not a traveler. Dulu, mau menginap di hotel mana, terserah. Seringnya sih baru mencari hotel waktu sudah di tempat tujuan. Alhasil, waktu ke Pacitan, kami kehabisan hotel. Susah banget mencari hotel di tengah kota meskipun saat itu bukan musim liburan. Meski akhirnya bisa menemukan hotel, fasilitasnya nggak sebagus yang diharapkan. Kalau saja waktu itu tahu tentang booking hotel secara online, pasti beda lagi ceritanya.

Bekerja sebagai reporter membuatku harus sering melakukan reservasi. Well, nggak sering-sering amat sih. Diberangkatkan ke Bali, mencari hotel sendiri. Diberangkatkan ke Jakarta, mencari hotel sendiri. Nah, dari situlah aku mulai kenal dan betah memakai jasa online booking hotel. Yaitu, Booking, Traveloka, dan Agoda. Meski sitem pencarian dan reservasinya sama-sama gampang, aku lebih merekomendasikan Agoda.

This is not a paid post

Dulu, aku lebih sering reservasi hotel lewat Traveloka. Nggak ada alasan yang spesifik sih. Mungkin karena nama Traveloka lebih mudah diingat dan hampir disebut dimana-mana. Jadi, kalau pengin reservasi hotel, ya yang terlintas di otak adalah nama Traveloka. Selain itu, aku juga sering membeli tiket pesawat di Traveloka. Alhasil, aplikasi jasa ini ada di HP. Pilihan sistem pembayarannya pun lebih banyak, termasuk lewat ATM. It's the easiest, isn't it?

Tapi, dulu aku nggak seberapa perhitungan sama harga. Toh dibayarin kantor. Toh dibayarin orang tua. Sedangkan perjalananku berikutnya, aku ikut patungan. Aku pun rewel minta menginap di hotel yang berbeda tiap malam (biar sekalian bisa me-review hotel gitu he he). Biar bujet nggak membengkak, aku mengakali dengan memilih satu hotel bujet dan satu hotel bintang empat. Nah, dalam proses mencari harga termurah itulah aku jadi suka Agoda.

Meskipun harga yang ditampilkan belum termasuk pajak dan jasa servis, Agoda tetap memberikan harga termurah! Coba aja kalau nggak percaya. Hotel yang aku pesan rata-rata selisih Rp 50.000. Kan lumayan tuh buat makan. Sayangnya, pembayaran di Agoda ini agak ribet. Kalau nggak punya kartu kredit (VISA atau Master Card), ya harus punya Mandiri ClickPay. Untung aja aku sudah mendaftar sejak lama dan belum pernah dipakai. Ternyata, caranya gampang banget kok.

1. Masukkan lokasi yang dituju dan tanggal menginap.


2. Pilih hotel yang sesuai
Biasanya, Agoda akan memperlihatkan hotel-hotel yang direkomendasikan (biasanya berdasarkan rating, harga, popularitas, dan mungkin ads). Tapi, kamu bisa mengatur sendiri kok. Buat yang nggak terlalu paham dengan lokasi kota tujuan, aku sarankan buat memakai fitur area di kolom sebelah kiri. Misalnya, kamu nggak tahu enaknya menginap di Bali area mana. Yang kamu tahu, kamu bakal banyak beraktivitas di daerah Kuta. Ya sudah, pilih Kuta aja ;)


3. Pilih kamar yang tersedia.
Biasanya, penawaran terbaik berada paling atas. Agoda pun otomatis membuat kamu memesan kamar itu (lihat tulisan 1 kamar di sebelah tombol Saya pesan ini). Kalau kamu mau memesan kamar di hotel ini, tapi ingin kamar lain, jangan lupa untuk mengubahnya jadi 0 kamar ya!


Yang aku suka banget dari Agoda adalah deskripsi yang detail. Lihat detail kamar di bawah gambar. Aku kebingunan reservasi di Traveloka karena penamaan kamarnya nggak rapi. Nggak ada keterangan kamar mana yang punya akses ke kolam renang. Kalau salah booking kan bisa bikin sewot. Selain itu, gambarnya bisa diklik untuk melihat suasananya. Tapi, aku lebih suka stalking di Instagram sih (search by location). Oh ya, harga yang tertera itu belum termasuk pajak dan servis ya.

4. Isi data dan cek detail permintaan khusus



Kalau sudah fix memesan kamar, akan muncul halaman ini. Lihat box sebelah kanan. Harga setelah pajak akan tercantum di sana. Setelah mengisi data (kolom sebelah kiri), di bawahnya ada pilihan permintaan khusus/tambahan. Jangan lupa untuk mengecek bagian itu. Sebab, kamu bisa memilih jenis tempat tidur, smoking room atau nggak, dan pilihan lain.

5. Pembayaran

Nah, inilah tahap pembayaran. Jadi, Agoda itu kalau belum bayar ya nggak bisa booking. Kalau istilah online shop sih first pay, first get. Nah, cara yang paling gampang bagi pemilik kartu debit adalah Mandiri ClickPay. Sayangnya, pilihan ini nggak ada di aplikasi Agoda untuk smartphone. It's very unfortunate. Tapi, aku lebih suka "berburu" hotel lewat PC sih. So, I don't really mind.

Well, semoga tulisan ini membantu. Kalau butuh bantuan, don't hesitate to ask. Saranku sih, yang penting jangan malas untuk membandingkan harga. Every penny counts!

1 comment:

  1. You can now comprehend why booking an occasion on the web is so natural to do. It is presently one of the quickest developing divisions of the occasion booking market.Villa Sanyanga in Phuket

    ReplyDelete

Thanks for reading! Jangan lupa tinggalkan jejak di sini. If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x