Popular Posts

REMINDER: Cokelat Berbahaya Bagi Anjing dan Kucing !!

Wednesday, July 27, 2016

Picture by E! Online | Edited by me

Selamat ulang tahun, Prince George! Pada 22 Juli lalu, putra pertama Prince William, Duke of Cambridge, dan Catherine, Duchess of Cambridge ini berulang tahun yang ke-3. Sayangnya, foto yang dirilis untuk merayakan ulang tahunnya justru menuai kontroversi. Hayo, apa yang salah dari foto si pangeran imut itu? Yap, the ice cream he's handing to the dog!! Kalau yang nggak concern (banget) sama binatang, mungkin menganggapnya lucu-lucu aja. Justru, Prince George of Cambridge itu dipuji karena mau berbagi makanan kesukannya dengan sang anjing. Tapi, aktivis pecinta hewan nggak berpikir seperti itu.

It is lovely that Prince George is trying to help keep his family dog, Lupo, cool in these high temperatures. We would advise people to be cautious when giving their dogs food meant for human consumption as some items, like chocolate, can be highly toxic to dogs." - RSPCA

Cokelat memang dikenal berbahaya bagi binatang, khususnya anjing dan kucing. Kok bisa sih?

Cokelat mengandung sedikit caffeine. Zat yang paling banyak ditemukan dalam kopi itu aja sudah dikenal berbahaya. Caffeine adalah stimulan yang sangat kuat dan punya efek yang hampir sama seperti amfetamin, kokain, dan heroin. Seram kan? Bagi manusia aja caffeine bisa menstimulasi fungsi otak. Nah, bayangkan aja kalau efek itu terjadi pada anjing atau kucing. Caffeine bisa menyebabkan binatang peliharaanmu muntah-muntah, diare, susah bernapas, tremor, depresi, and death--that's the worst case.

Tapi, dalam cokelat, ada zat yang lebih mematikan, yaitu teobromin. It acts as a stimulant seperti caffeine. Sayangnya, anjing dan kucing nggak punya enzim untuk mencerna teobromin. Alhasil, kandungan itu akan terus berada dalam aliran darah mereka selama 20 jam! Alhasil, teobromin menyebabkan tekanan darah naik, muntah-muntah, dehidrasi, sakit perut, kejang-kejang, dan sampai meninggal. Efek yang dialami bisa bermacam-macam, tergantung ukuran hewan dan cokelat, serta jenis cokelat.

INGAT: Semakin gelap cokelatnya, semakin berbahaya efeknya!

Urutan cokelat berdasarkan tingkat kandungan teobromin:
Cokelat putih << Cokelat susu << Dark chocolate << Baker's chocolate << Cocoa powder

I will really appreciate it if you don't give any chocolate to dogs and cats. Aku tahu kok rasanya dilihatin si hewan kesayangan yang memohon banget dikasih makanan yang kita makan. Tapi, sebagai pemilik, put their safety first. Seharusnya sih kalau sejak awal sudah diajarkan buat nggak boleh makan cokelat, menghirup baunya pun mereka nggak bakal minta kok. Bagi yang nggak suka anjing atau kucing, please, nggak usah usil buat coba-coba ngasih cokelat ke kucing jalanan. Meski mereka dekil dan nggak terawat, you have NO RIGHT to hurt them. (Baca makanan lain yang bisa berbahaya bagi anjing dan kucing)

LOVE ME LIKE YOU DO!! :)

5 comments

  1. ternyata seberbahaya itu ya....
    menurutku yang harus dikritik bukan prince nya, namanya juga anak 3 tahun, yang memfoto perlu lebih bijak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya ya. Kali yang moto asal kelihatan lucu aja

      Delete
  2. Wah! aku gak ngeh kalau itu eskrim.
    Aku malah mengartikan foto itu "dia mau kasih makanan ke anjing. Tapi blm tentu anjing itu mau makan"
    Tapi baru tau bahaya nya utk anjing dan kucing bisa mematikan 😰😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang-orang sekarang emang jeli banget. Awalnya aku juga nggak sampe segitu memperhatikan.

      Delete
  3. dari pada buat kucing atau anjing mending buat manusia hehehe lebih pas dan cocok.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca artikelku. Semoga bermanfaat ya :)
Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar di bawah ini.
If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x

Ratri Anugrah © . QUINN CREATIVES .