Resolusi 2020: Adulting Life

Sunday, January 5, 2020
resolusi 2020 blogger surabaya indonesia
Foto: Unsplash

Di usia yang sudah nggak muda lagi, aku nggak mau buang-buang waktu. Oh God, selama ini ternyata aku santai banget ya melewati hidup. Wisuda di usia 25 tahun. Cari kerja jadi sering kepentok umur. And my parents are definitely growing old without grandchildren. Bukannya aku jadi terburu-buru menikah karena orang tua sih. Aku hanya membayangkan diriku di posisi mereka. They must be sad and disappointed, meski nggak bilang. Oleh karena itu, pada 2020, aku ingin membuat resolusi yang lebih… visioner.

Here’s the recap of what I’ve accomplished this year:
  • WISUDA: OH YES FINALLY! Senang sekali rasanya melihat kelegaan di raut wajah kedua orang tua. Sorry sudah bikin nunggu selama ini, Ma, Pa.
  • Perbanyak investasi: Aku sangat beruntung sudah melek investasi lebih awal. Nggak hanya investasi Reksadanaku yang menggunung, tahun ini aku juga berhasil membuka rekening saham and purchased some meski ada yang... Yah, Namanya juga belajar dari kesalahan.
  • Menerapkan gaya hidup minimalis: Mungkin berhasil? I don’t know though. Aku tetap meminimalisir pembelian baju berdasarkan dresscode Sayangnya, tahun ini aku berhijab sehingga harus merombak semua isi lemari karena most of my clothes either berlengan pendek atau terlalu ketat (meski sebenarnya nggak terlalu ketat, entah kenapa jadi risih sendiri kalau dipadankan hijab).
  • Jalan-jalan ke luar negeri lagi: Alhamdulillah tahun ini aku berhasil mengajak orang tuaku jalan-jalan ke tiga negara sekaligus. Yaitu, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Kami bahkan sempat menghabiskan waktu di salah satu resort di Khao Yai. Wah, orang tuaku luar biasa bahagia. Mereka jadi ketagihan jalan-jalan ke luar negeri and I’m impressed because they’re willing to learn about the country, nggak cuma taking selfie (well, keluargaku memang bukan jenis yang suka foto-foto sih).
  • Blog harus maju ke jenjang berikutnya: MOZ sempat “bersih-bersih” sehingga banyak blog yang skor DA-nya terjung payung. Thank God blog ini masih bertahan dan blog missratri hanya turun sedikit. But still, aku merasa resolusi yang satu ini gagal total karena aku masih belum konsisten menulis blog.

Looking back, kadang aku terlalu takut menulis resolusi. Keinginanku hanya big picture aja sehingga melupakan hal-hal kecil. Misalnya, ingin rajin olahraga atau membersihkan kamar seminggu sekali. Padahal, kalau nggak ditulis, hal-hal seperti itu lewat begitu saja tanpa dipelajari. Next year, aku benar-benar ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Aku ingin menjadi seseorang yang siap dilepas hidup mandiri. Jadi, seperti apa resolusi 2020-ku?

Financial

Emergency Fund

emergency fund
Foto: Unsplash

Sesuai apa yang aku pelajari dari buku Financially Stupid People Are Everywhere: Don't Be One of Them, kita harus menyisihkan 20 persen income untuk emergency fund. Bahkan, financial influencers di Instagram sering mengatakan bahwa seorang single harus punya emergency fund sebesar tiga kali gaji. Oleh karena itu, tahun ini aku harus mencapai at least 20 persen dari gajiku selama satu tahun. I did save up 20 percent for emergency fund last year. Tapi karena satu dan lain hal, emergency fund tersebut terpakai sebelum akhir tahun :""")

Untuk tahu lebih jauh tentang caraku menghindari kalimat "lagi bokek nih", coba baca cara mengatur keuangan anti bokek ala aku. Kalau disiplin dan nggak ada rintangan yang tiba-tiba datang, insyaAllah nggak bakal bokek selamanya. Sudah terbukti sih di aku. Coba aja.

Get Another Income

resolusi 2020 ide buka bisnis
Foto: Unsplash

Aku sangat ingin membuka sebuah bisnis. Sebenarnya keinginan ini sudah muncul sejak lama. Sayangnya, aku belum kepikiran membuka bisnis apa. Sempat terpikir reselling apapun yang sedang hits. Sempat terpikir membuka clothing line. Sempat terpikir menjual buku secara online. Sempat terpikir membuka usaha makanan. Ah, sungguh banyak yang nggak terealisasikan. Hopefully tahun ini aku bisa memutuskan bisnis seperti apa yang ingin kujalankan.

Blogging

Please, Commit!

resolusi 2020 blogging
Foto: Unsplash

Agak sedih sih menulis resolusi yang satu ini. Komitmen is hard. Beneran deh. Ada masa-masa aku bisa rajiiiiin banget menulis. Tapi ada juga masa-masa kehilangan mood, blas nggak ada. Bukan writer's block ya. Hanya mood aja yang hilang. Idenya banyak sampai list what-to-write kepanjangan. Bahkan semua sudah di-schedule kapan diterbitkan! :))))))) I can't forgive myself. Target tahun ini adalah bisa menulis dua kali di missratri.com dan satu kali di ratrianugrah.com dalam satu minggu. Bukan jumlah yang banyak karena I know there are a lot of bloggers out there who writes ONCE A DAY! My respect to all of you who are able to do THAT!

Upload Instagram Feed Once A Week

Instagram Feed Blogger
Foto: Unsplash

"Kenapa yang begini harus ditulis di resolusi sih?"

Ya maaf. Aku tuh bukan jenis orang yang suka foto-foto. I have a very limited stock of photos. Tahun lalu memang sempat jalan-jalan dan foto-foto banyak sih. Tapi... It was before aku hijrah he he. Nggak mungkin lah tetap posting foto tanpa hijab. So I really need to start taking pictures dan mencari sebuah konsep dimana aku nggak harus post foto-fotoku. Yuk, yang belum follow @ratrianugrah, follow sekarang.

Oh, ya. Sebenarnya aku lebih aktif di Twitter. Meski nggak nge-tweet setiap hari, pasti ada aja yang aku retweet. Aku juga suka update tentang drama Korea yang aku tonton tahun ini. Buat yang suka nonton drama Korea ongoing, yuk berteman di Twitter @ratrianugrah_.

Create A YouTube Channel (Should I?)

create youtube channel
Foto: Unsplash

To be honest, I'm still not sure about this one. Keinginannya ada. Besar banget malah. Aku sudah punya semua equipment-nya. Jadi, sebenarnya nggak ada alasan for saying no, right? Masalahnya, aku ini susah banget tampil di depan kamera. Foto aja males, apalagi video :"""") Tapi aku sadar bahwa itu adalah hal yang harus aku hadapi. Being a leader means I should have enough courage to talk to people. Aku pun sudah ada konsep video-video seperti apa yang akan aku buat. Well, wish me luck? Yang punya tulisan blog atau video YouTube tentang ini, boleh banget share ke aku di Instagram atau Twitter ya. Aku mau banyak belajar ­čÖĆ

Alright! Itu lah resolusiku untuk 2020. It's a little bit late, but I don't mind. Semua yang aku tulis masih reasonable kok untuk dicapai. Apakah kamu juga suka bikin resolusi? If so, I don't mind checking out yours and I wish you good luck too! Sebenarnya masih ada satu personal goal. But since it's personal, I'll keep to myself ya he he.

17 comments:

  1. Waaaah turut senang atas pencapaiannya di tahun kemarin. Congratulations!

    Perihal list resolusinya di tahun ini, sepertinya banyak yang relate sama aku, dimulai dari emergency fund sampe ke upload foto ke IG. Hahah, sebagai orang yang jarang foto, rutin upload foto ke IG adalah salah satu aktivitas yang susah dilakuin karna udah bingung duluan mau upload foto apaan.

    Btw, semoga semua resolusinya terealisasi ya, Kak :D

    ReplyDelete
  2. Yuk yuk semoga semakin semangat di tahun 2020 ini. Perlengkapan sudah ada tinggal majuuu :)

    Btw, sudah ku-follow IG dan Twitter ya ... folbek @mugniar :D

    ReplyDelete
  3. Wah kalo aku resolusi 2020 semoga bisa jadi istri dan ibu lebih baik lagi dan punyak rumah sendiri semoga bisa tercapai amin

    ReplyDelete
  4. Resolusinya sangat terukur kok mba. Saya yakin Mba Ratri bisa komitmen mencapainya. Saya pun jadi terinspirasi membacanya. Makasih ya...

    ReplyDelete
  5. Entah kenapa dari tahun2 sebelumnya banyak resolusi yang aku bikin ga terlaksana, malah yang terlaksana ga masuk dalam list resolusi aku..hihi.. Tahun ini ga bikin resolusi sama sekali :(

    ReplyDelete
  6. Hai, Mbak. Tahu nggak sih, aku bahagiaaa banget ada teman yang juga sudah melek investasi baik di reksadana maupun saham. Jadi punya teman gitu, hihihi ...

    Kita punya kesamaan nih, sama-sama kepengan punya channel di Youtube. Kalau aku sih suka tampil di depan kamera. Tapi hasilnya itu lho yang bikin aku nggak suka. Kok bisa nggak kece? Hahaha ...

    Lagi belajar juga nih dari para suhu. Yuk ah, semangat kita.

    ReplyDelete
  7. Pencapaiannya sudah keren sejauh ini, Mbak Ratri. Wisuda yess, di usia muda sudah melek investasi, terus bisa ajak jalan-jalan orang tua. Keluar negeri lagi. Saya malah belum pernah keluar negeri hehehe.

    Soal blog, jempol lagi buat Mbak Ratri. kalau punya saya kemarin bukan terjun payung lagi, tapi terjun bebas hahaha. Makanya mau semangat lagi naikin DA blog lagi.

    ReplyDelete
  8. Yutup yutup..
    Itu salah satu yang pengen aku jabanin tahun ini..

    Semoga segera launching deh channel yutup emak anak lima ini, hehe.

    ReplyDelete
  9. resolusi tahun baru mbak Ratri optimis dan postif kita bantu dengan doa semoga terlaksana

    ReplyDelete
  10. Wah ikut senang dengan pencapaiannya di tahun silam. Semoga makin semangat di tahun 2020 ini ya, Mbak. Sukses dan dimudahkan semua harapan.
    Kalau soal menikah, aku tahun 2002 menikah di usia 26 tahun saja merasa banyak yang belum dicapai kkwwkw. Jalani saja, meski juga enggak boleh terlalu menunda:)

    ReplyDelete
  11. ALhamdulillah sudah hijrah dan berusaha komitmen dengan hal itu.
    Menurut saya, isi IG seminggu sekali itu sangat kurang. Bisa juga dibuat 2 quote 1 gambar, agar minimal 3x seminggu.

    Saya juga sulit sekali taklukkan IG, nih. Nggak tau kenapa kok ga asyik, gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaaa... Tau betul 1x seminggu itu kurang. Tapi ini aja susaaaah banget mau isi. Idenya banyak, tapi belum dieksekusi. Takut nanti kalau nekat, suatu saat nggak suka dan dihapus semua. Haduduh

      Delete
  12. Masalah upload instagram ini aku enggak sukses mbak, lha wong mau ikutan 30 hari bercerita aja ketinggalan banyak, huhu

    ReplyDelete
  13. Lengkap banget nih mbak mewnuliskan resolusi di setiap lini kehidupan. semoga segala yang direncanakan dapat direalisasikan yaaa. Btw, yuk mbak bikin channel yutub... seru loh hehe

    ReplyDelete
  14. Keren juga resolusinya, kalau aku kenapa selalu ga kepikiran mau resolusi seperti apa, kadang suka tertukar dengan cita-cita.

    ReplyDelete
  15. Asyik nih, semoga semua resolusinya terwujud ya mbak. Mantap banget perencanaannya. Resolusi saya tahun ini? Masih lanjut dari tahun sebelumnya, belum ditulis macam gini sih..

    ReplyDelete
  16. Wow resolusi yang jelas dan detail. Semoga semua terwujud dan bisa berjalan dengan baik ya mbak Ratri. Tahun ini saya ga bikin resolusi apa-apa, abis lahiran dan punya baby newborn bikin saya lebih selow dan ingin menikmati hidup apa adanya :D

    ReplyDelete

Thanks for reading! Jangan lupa tinggalkan jejak di sini. If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x