Because This is My First Life
Foto: Viki

PERINGATAN: JANGAN DITONTON KALAU MENCARI OPPA GANTENG

Ingin sekali tulisan itu aku tempel di setiap provider streaming drama Korea. Sebab, cukup banyak orang yang terburu-buru men-judge drama Because This is My First Life ini jelek karena pemainnya, khususnya lead male-nya, zonk. Oke, aku rasa it's a little bit harsh. It's okay kalau tidak suka karena tidak kenal pemainnya. Tapi, tolong dikurangi lah men-judge berdasarkan fisik.

So, Because This is My First Life ini adalah drama Korea garapan sutradara Park Joon-hwa dan penulis Yoon Nan-joong. Biasanya sih yang paling diperhitungkan penulis skripnya ya? Tapi, aku belum pernah menonton karya penulis Nan-joong. Sedangkan drama sutradara Joon-hwa yang pernah aku tonton adalah Bring It On, Ghost (tvN) yang saat ini ditayangkan di TV kabel.

Drama Korea dengan jumlah episode 16 ini bercerita tentang tiga kisah cinta orang dewasa. Meski bukan drama anak sekolah, ceritanya tidak terlalu tua kok. Here are those three stories:

Korean Drama - Because This is My First Life
Foto: tofuCube

1st Couple: Yoon Ji-ho & Nam Se-hee
Pintar, tapi nekat dan kekeuh menjadi penulis drama, Ji-ho (Jung So-min) akhirnya hidup pas-pasan. Dia terpaksa keluar dari studio yang dia bayar karena sang adik tiba-tiba membawa cewek yang dihamilinya. Besar di keluarga patriarki, Ji-ho pun harus mengalah.

Se-hee (Lee Min-ki) dikenal sebagai orang super kaku. Bagi dia, hal paling penting dalam hidup adalah rumah, pekerjaan, dan kucing. Dia hidup emotionless. Butuh bantuan untuk menyicil apartemen, dia mencari housemate. Dari situlah dia bertemu Ji-ho.

Berawal dari kesalahpahaman, mereka berdua akhirnya menikah. Ini bukan spoiler ya. Sebab, nanti kalian pasti juga bisa menebak dengan mudah kemana arah pertemuan Ji-ho dan Se-hee.

2nd Couple: Woo Soo-ji & Ma Sang-goo
Soo-ji (Esom) digambarkan sebagai wanita masa kini. Dia berani, tangguh, dan open minded. Bahkan, saking open minded-nya, dia jadi bahan omongan rekan-rekan kantor yang mayoritas cowok karena dia tidak pakai bra. Iya, dia ini perwakilan anak muda yang gaya hidupnya kebarat-baratan dan kadang lupa dengan budaya negaranya.

Di sisi lain, Sang-goo (Park Byung-eun) adalah cowok yang super romantis. Berbeda dengan Soo-ji, dia justru mementingkan hati. Meski begitu, dia tidak pernah memaksakan kehendaknya kepada Soo-ji. Tapi, Sang-goo selalu menasehati dengan bijaksana setiap cewek keras kepala itu punya masalah.

3rd Couple: Yang Ho-rang & Sim Won-seok
Pacaran selama tujuh tahun dan tinggal satu studio, apa sih ekspektasi orang yang melihat? Of course menikah! Ho-rang (Kim Ga-eun), Soo-ji, dan Ji-ho sudah berteman sejak SMA. Di saat yang lain punya cita-cita menjadi sesuatu, Ho-rang hanya ingin m-e-n-i-k-a-h. Yap, dia tipikal cewek yang sesuai stereotype masyarakat. Dia agak manja, feminin, dan rela berhenti kerja demi rumah tangga.

Sayangnya, start-up Won-seok (Kim Min-suk) tidak kunjung sukses. Sampai akhirnya dia pindah ke start-up Sang-goo agar penghasilannya stabil dan bisa segera menikahi Ho-rang. Tapi, setelah dilamar, hubungan mereka justru makin kacau. Ho-rang berharap segera menikah, sedangkan Won-seok lama-lama kehilangan purpose karena terlalu banyak mengalah.

Because This is My First Life
Foto: Pinterest

Awalnya, aku menonton Because This is My First Life tanpa direncanakan. Well, aku tidak familiar dengan Lee Min-ki dan aku hanya tahu Jung So-min dari Playful Kiss (MBC) yang diputar di TV. Tapi, karena tidak ada drama lain yang bagus (The Package, Revolutionary Love, Black, Witch's Court, 20th Century Boy and Girl serta While You Were Sleeping dan The Temperature of Love yang semakin membosankan), aku akhirnya mencoba menontonnya.

Alur ceritanya memang terkesan sangat lambat. Tapi, entah kenapa, aku sama sekali tidak bosan! Yah, rasanya hampir sama seperti saat menonton Cheese in the Trap (tvN). Keduanya terasa slow, emotionless, tapi membuat ketagihan. Hal inilah yang membuat penonton "pemburu" oppa ganteng mudah berpaling. Sebab, memang tidak ada oppa ganteng yang bisa mereka nikmati lama-lama.

Bagiku, Because This is My First Life ini sudah merangkum lifestyle anak muda zaman sekarang. Ho-rang menggambarkan mereka yang hidupnya sesuai tuntutan masyarakat. Urutannya seperti ini: sekolah, kerja, menikah, dan punya anak. Sedangkan Soo-ji menggambarkan mereka yang mengutamakan karir dan pendidikan. Bagi orang-orang seperti Soo-ji, jodoh tidak akan kemana. Bahkan tidak menikah pun tidak apa-apa asalkan bisa mencukupi orang tua.

Nah, uniknya, kisah Ji-ho mengingatkanku pada taaruf! Sebab, dia dan Se-hee memutuskan menikah bukan karena cinta, melainkan karena benefit yang didapat. Ji-ho butuh tempat tinggal murah. Sedangkan Se-hee butuh tambahan uang untuk mencicil apartemen dan memberi makan kucingnya. Seiring waktu, bunga-bunga cinta mulai bersemi di antara mereka. Mirip taaruf kan?

Foto: 퍼블릭에프알

Meski begitu, drama ini tetap dalam koridor menyenangkan kok. Banyak jokes yang dilemparkan berkat wajah datar Se-hee dan pikirannya yang super aneh. Sang-goo yang merupakan sahabat Se-hee sekaligus CEO start-up yang dikerjakan Se-hee mengambil andil cukup banyak dalam hal ini. Begitu juga dengan teman-teman di kantornya. Kalau semua orang serius seperti lead male itu, mungkin drama ini benar-benar akan zonk.

Meski cinta adalah kisah utama yang diangkat, drama garapan tvN ini sama sekali tidak menye atau receh. Semuanya pas. Tapi hati-hati! Sekalinya ada adegan haru, kita bisa menangis sesenggukan. I swear. Khususnya saat Ji-ho dan Se-hee akan menikah. Adegan apa itu? Find out yourself!

By the way, seolah tahu apa kekurangan drama ini, sang sutradara menggandeng aktor muda Kim Min-kyu. Harus aku akui kalau dia imut dan entah kenapa terlihat "bersinar" saat bermain dalam drama ini. Ternyata, dia pernah bermain dalam Who Are You: School 2015. Well, here's your oppa!

Kim Min-kyu Because This is My First Life
Foto: imbc