Popular Posts

First Impression: Ruler: Master of the Mask - Drama Korea

Saturday, May 20, 2017

Ruler: Master of the Mask (군주-가면의 주인) MBC

Sebenarnya, beberapa minggu ini aku mengalami semacam k-drama slump. Rasanya malas sekali menonton drama Korea yang sedang tayang. Tidak ada yang bikin bergairah. Sampai akhirnya Ruler: Master of the Mask ini tayang. Tidak semenggairahkan itu sih, tapi paling tidak drama produksi MBC ini membuat jari tanganku membuka dramacool setiap Kamis dan Jumat pagi he he.

Ruler: Master of the Mask bercerita tentang seorang Putera Mahkota (PM) bernama Lee Sun (Yoo Seung-ho). Dia tampan, pintar, polos, dan baik hati. Sayangnya, tidak semua orang tahu hal itu. Sebab, sejak kecil wajahnya ditutupi topeng. Hanya Raja (Kim Myung-soo), Selir Lee yang merupakan ibu Lee Sun (Choi Ji-na), dan kepala penjaga keamanan yang tahu wajah asli PM. Selain itu, mereka akan langsung dibunuh.

Yoo Seung-Ho in Ruler: Master of the Mask (MBC)

Gara-gara itu, kabar yang beredar pun mengatakan kalau PM Lee Sun penyakitan. Dia jugalah yang membuat rakyat menderita (tidak diridhoi dewa). Padahal, itu semua ulang kelompok Pyunsoo yang diketuai Dae Mok (Heo Jun-ho). Dialah yang meracuni PM saat masih bayi. Demi mendapatkan obat penawar, Raja harus memberikan hak mengatur saluran air kepada Pyunsoo. Alhasil, sumber mata air dimonopoli. Rakyat harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan air.

Dari situlah Han Ga-eun (Kim So-hyun), seorang putri pejabat, Lee Sun (Kim Myung-soo alias L boyband Infinite), seorang rakyat jelata, dan PM Lee Sun bertemu dan saling membantu (kind of). Ditemani sahabat sekaligus pengawalnya, Lee Chung-woon (Shin Hyun-soo), PM Lee Sun keluar istana. Posisinya di kerajaan digantikan oleh Lee Sun si rakyat jelata. Too bad, rencana itu diketahui Dae Mok. Kelompok Pyunsoo pun menyerbu istana dan membunuh Raja.

Kim So-Hyun Yoo Seung-ho Couple

First of all, let's talk about the episode yang awalnya 20, tapi jadi 40 episode. Kenapa sepanjang itu? Tenang, drama ini sama seperti drama 20 episode kok. Kalau biasanya satu episode berdurasi 60 menit, satu episode Ruler: Master of the Mask hanya 30 menit. Sekali tayang langsung dua episode. Jadi, kalau dihitung-hitung ya sama saja. Kenapa di-part? Dengar-dengar sih untuk kebutuhan slot iklan. Well, drama Korea ini memang berpotensi besar sih. Lihat saja rating-nya terus naik.

Karena belum terbiasa, kadang-kadang aku merasa sebal. Lagi enak-enak klimaks, eh to be continued. Rasanya aneh. Sebab, feel penasarannya beda dengan feel penasaran akhir episode. Sistem durasi ini pun juga diterapkan pada Suspicious Partner produksi SBS. I'm not going to write its first impression karena jelek sekali. Tapi, you should know kalau pemotongan part dalam drama yang dibintangi Ji Chang-wook itu sangat aneh! Fortunately, ada beberapa layanan streaming yang menggabungkan dua part yang tayang setiap hari. It might feel better.

L Infinite Ruler Master of the Mask

Now let's talk about the actors.

Pada episode pertama, aku merasa sedikit awkward terhadap karakter yang dimainkan Seung-ho. Maklum, bagiku dia masih Seo Jin-woo dari Remember (SBS-2015) dan bahkan Harry dari I Miss You (MBC-2012). Kedua karakter itu sama-sama melow. Jadi, aku kaget saat mengetahui betapa polos dan bahkan childish-nya PM Lee Sun. Tapi, lama-lama aku bisa menerima kok :) He did a great job karena pada dasarnya dia akan menjadi PM yang pintar dan bijaksana.

Akting yang aku nantikan adalah L Infinite dan Yoon So-hee (pemain Kim Hwa-goon, cucu Dae Mok yang jatuh cinta pada PM Lee Sun). Aku belum familiar dengan kiprah akting mereka dan sepertinya scriptwriter Park Hye-jin akan membuat cerita mereka menarik. Entahlah. Sejauh ini prediksiku tentang alur cerita Ruler: Master of the Mask ini selalu salah. Selalu ada plot twist tak terduga.

Oh, Kim So-hyun? Not a fan. Bagiku dia masih the same old Kim So-hyun. Perannya itu-itu saja. Tapi ya silahkan tidak setuju karena aku memang tidak mengikuti semua drama yang dimainkannya.


I will definitely watch this drama 'til the end. As I said, selalu ada plot twist yang tidak terduga. Selain itu, pada dasarnya aku memang suka historical drama. Aku yakin drama ini jauh lebih baik dari Rebel Thief Who Stole The People.

3 comments

  1. eh ini ceritanya inspired dari cerita jaman dulu ya kayanya... pernah denger cerita semacam ini di eropa, intinya pangeran ganteng tapi selalu pake topeng gitu. duh lupa namanya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iyaa yang mainnya Leonardo Di Caprio, The Man in The Mask deh kalo ga salah. kesian yaaa pake topeng ga kebayang kalo gatel gimana garuknya. baru tau nih ada serail korea yang 30 menitan, biasanya sejam an semua kan haha

      Delete
    2. Hahahaha konyol banget ya garuk-garuk :)) Nggak kepikiran sampai sana. Sama aja sih aslinya satu jam, tapi dibagi dua. Demi iklan kayaknya.

      Delete

Terima kasih sudah membaca artikelku. Semoga bermanfaat ya :)
Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar di bawah ini.
If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x

Ratri Anugrah © . QUINN CREATIVES .