Popular Posts

Review: Defendant - Drama Korea

Sunday, March 26, 2017


Sejak awal, drama Korea Defendant atau Innocent Defendant ini meraih rating cukup tinggi. Nggak heran karena Ji Sung, sang pemeran utama, "bermain-main" dengan kepribadian lagi. In case you haven't heard, Ji Sung dikenal pintar memainkan berbagai kepribadian sekaligus berkat aktingnya dalam Kill Me, Heal Me (2015). Meski aku tidak terlalu suka drama  produksi MBC itu, harus kuakui kalau akting Ji Sung memang mengesankan. Sayangnya, menurutku, Ji Sung justru terlihat meh kalau bermain dalam drama seperti Entertainer (2016). Like, he wasted his skill.

Defendant bercerita tentang Park Jung-woo (Ji Sung), seorang jaksa yang mengejar kriminal Cha Min-ho (Uhm Ki-joon). Sayangnya, pengejaran ini membuat Jung-woo harus kehilangan istri dan anaknya sehingga dia yang dipenjara. Yap, Min-ho menjebak Jung-woo agar seolah-olah dia membunuh keluarganya sendiri. Kenapa sampai seperti itu? Sebab, Jung-woo bersikukuh bahwa Min-ho membunuh kembarannya, Cha Sun-ho. Min-ho pun hidup sebagai Sun-ho dan terus menutupi jejak kejahatannya.

Cha Min-ho dan Cha Sun-ho

To be honest, aku belum banyak menonton drama Korea sejenis ini. Karena Januari lalu penuh drama-drama bergenre thriller/crime, akhirnya aku mencoba menonton Defendant dan Missing Nine (yang ternyata aku tonton separuh jalan). Dibuka dengan flashback, aku semakin tertarik. Entah kenapa aku suka sekali cerita yang rumit. Bagiku, semakin rumit, semakin baik. Dan Defendant mengajak penonton untuk menoleh ke belakang cukup lama. Jadi, make sure you enjoy this kind of drama atau at least menonton tidak setengah-setengah. Kalau tidak, nanti bisa bingung. Apalagi Min-ho dan Sun-ho diperankan oleh orang yang sama.

Setelah cerita kembali ke waktu yang benar, setting cerita fokus di dalam penjara. Setelah melalui berbagai cobaan (termasuk ingatan yang selalu hilang setiap dia bangun tidur), Jung-woo dibantu teman-teman satu selnya untuk kabur dari penjara. Mereka adalah Milyang (Woo Hyeon), Bangjang (Yun Yong-hyeon), Wooruk (Jo Jae-ryong), Moongchi (Oh Dae-hwan), Lee Sung-gyoo (Kim Min-suk), dan Shin Chul-sik (Jo Jae-yun). Enam orang inilah yang membuat drama ini penuh warna

Meski begitu, aku mungkin tidak akan betah menonton dan menanti Defendant tanpa kehadiran sang villain. Uhm Ki-joon berhasil membuatku geregetan setiap dia berulah. Ah, bagaimana ya cara yang tepat untuk menjelaskan karakter Min-ho ini? Sebaiknya ditonton sendiri saja :)

Milyang dan Bangjang

Moongchi, Jung-woo, dan Shin Chul-sik saat kabur dari penjara

Tidak hanya menawarkan ketegangan, Defendant ini juga menceritakan perjuangan sang ayah menyelamatkan putrinya, menyelamatkan kebenaran. He wouldn't mind to stay in prison. Tapi, banyak orang yang tersakiti karena hal itu. Salah satu teman satu selnya, adik iparnya yang juga sipir penjara, ibu mertuanya yang tetap yakin Jung-woo tidak bersalah dan selalu mengirimanya uang, bahkan sahabatnya, Kang Joon-hyuk (Oh Chang-suk), yang berperan cukup penting. Drama ini juga mengajarkan kepada kita untuk berpegang teguh pada keyakinan, terutama janji sebagai jaksa.

Sebenarnya, aku ingin sekali memberi rating sempurna, 5/5 bintang, untuk Defendant. Sayangnya, ada satu hal yang sangat menganggu. Yaitu, kehadiran Seo Eun-hye yang diperankan salah satu anggota girlband SNSD Kwon Yuri. Dia adalah seorang pengacara negara yang menangani kasus Jung-woo. Sure, dia membantu Jung-woo dalam pelarian juga. Tapi, most of the time, perannya SANGAT tidak penting!! Apalagi karakternya juga dipasang dalam poster Defendant, seolah-olah dia memegang peran yang krusial. Dear, SBS. Meskipun tanpa Yuri, aku yakin Defendant tetap bisa meraih rating tinggi. Tidak perlu memaksa ada female lead character kalau memang tidak diperlukan. Malah, menurutku, teman-teman Jung-woo di dalam sel lebih layak dipasang di poster daripada Eun-hye. Oleh karena itulah, Defendant saya kasih 4,5 bintang saja dan aku sangat merekomendasikan drama Korea ini untuk semua pecinta genre crime.

16 comments

  1. Saya juga nonton drama ini. Bikin penasaran tiap episodenya plus geregetan lihat si cha min ho itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. THANK GOD I'M NOT THE ONLY ONE! x) Soalnya temen-temen pada suka drama receh gitu sih. Jadi nggak punya temen ngobrolin Defendant.

      Delete
    2. Mungkin karena temanya berat dan nggak ada romance-nya. Hehe

      Delete
  2. baru kelaaaaar! 9 out of 10. Agag draggy sih some part krn diperpanjang 2 episode tapi overall acting cast-nya baguuuuuuus banget!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya! Seingetku dulu ya cuma 16 ep. Lha kok masih ada lagi :" Untung aja endingnya nggak "dipaksakan" ya. Aku rada trauma sama drama2 yang diperpanjang gitu.

      Delete
  3. Cuma nonton episode awal soalnya takut menye dramatis masa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga menye sama sekali koooook... Don't worry ;) Yuk, nonton yuk!

      Delete
  4. Hai mba salam kenal ya. Saya juga penyuka drama korea. Trkhir nonton Goblin. Klo drama Ji sung di drakornya yg kill me, aduh aku nggak berani nton coz tkut ma tema2 kepribadian yg bgtu. Akunya suka parnoan hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, sayang sekali. Jangan parno, Bun. Bagus lho drama ini. Meski Ji Sung emang nggak sekeren Gong Yoo hehehe

      Delete
  5. Seru bangeeet, aku awalnya iseng nonton satu episode karena lagi bosen nungguin Tomorrow With You waktu itu and you know what, beneran ketagihan sampe marathon beberapa episode wkwk. Ga pernah ada bosennya nonton drama ini malahan selalu dibikin degdegan terus aku nonton ini. Bahkan, mamaku juga nonton drama ini gara2 seru katanya wkwk

    ReplyDelete
  6. wah ternyata kita sama sama suka film drama korea yang crime/thriller yaaa!!! udah nonton phantom? special affairs team 10? missing noir m? dr. frost? *eh kok malah racun*
    btw aku belom nonton defendant. ini otw mau coba nonton, semoga bisa sabar nontonnya hhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BELUM NONTON SEMUA!!! *brb streaming* Thanks mba!

      Delete
  7. Udah nge-stock drama ini sejak beberapa bulan yang lalu tapi malah gak ada mood buat nonton HAHAHA. Penasaran cuma karena ada Mbak Yuri doang. Yuri sebelum Defendant ini juga udah maen di drama dengan genre yang serupa. Kok aku lupa ya judulnya... Di TV N pokoknya...

    ReplyDelete
  8. Baru kali ini ada DRAKOR ANTI MAINSTREAM, kebetulan aku juga lulusan hukum sepertinya wajib nonton nih hehe.

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  9. Menurutku sih ini drama perfect hehe. Endinnya begitu memuaskan. Dan untuk saya pribadi, saya rasa peran Seo Eun Hye cukup penting saat Ji Sung melarikan diri, aju banding. Dan juga, there's no lawyer that will take Jungwoo's case, kecuali dia. So, ceritanya bakal beda. Kalau nggak ada dia pula, siapa yang akan sukarela mencari Hayeon? Junhyuk? Ah, ternyata dia terperangkap juga. Sunggyu? Ternyata "takdirnya" berbeda kan?

    Ini hanyalah opini saya pribadi, makasih sudah mau nampung. Great review!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih. Kalau dia dilihat sebagai karakter dalam drama emang penting. Tapi kayaknya dia kurang bisa akting, jadi aku prefer dia digantikan artis lain :)) Thanks udah mampir

      Delete

Terima kasih sudah membaca artikelku. Semoga bermanfaat ya :)
Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar di bawah ini.
If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x

Ratri Anugrah © . QUINN CREATIVES .