I've been wanting to write about him for so long. Troye Sivan pertama kali kukenal bukan dari dunia musik, melainkan dari dunia seni ilustrasi. I know it sounds weird. Jadi, ada seorang ilustrator/digital artist bernama Hsiao-Ron Cheng yang berasal dari Taiper, Taiwan. I really love her works. Karyanya didominasi warna pastel dengan balutan hal-hal aneh nan cantik. Keanehan itu terkadang membuat karya Hsiao terlihat seram lho. Misalnya, ilustrasi suatu desa yang masyarakatnya tidak punya kepala. Atau monster yang mengejar kelinci-kelinci menggemaskan. Benar-benar a child's nightmare, tapi dikemas apik (bagiku sih). Nah, ternyata Hsiao juga membuat ilustrasi untuk cover art EP Troye Sivan yang berjudul Wild. That was how I know his name.
Dari 6 lagu dalam EP Wild, I like all of them. Tapi, yang paling hits sih lagu Wild, Fools, dan Talk Me Down yang ada di album pertamanya, Blue Neighborhood. Sebab, tiga lagu itu dikemas menjadi trilogi di akun YouTube-nya. Unik kan? Tidak heran kalau nama Troye langsung meroket. Not that big, but still mengingat dia adalah orang Australia. Here are top 5 Troye Sivan's songs yang harus kamu dengarkan before judging him or skipping this post:

#1 FOOLS
[Listen: Spotify | YouTube]

This is a really sad song but I'm sure it's related to everyone at some point. Biasanya sih lagu ini aku dengarkan saat sedang down, saat sedang ingin protes, tapi hanya bisa diam. "I am tired of this place. I hope people change. I need time to replace what I gave away." Seharusnya aku mendengarkan lagu-lagu mood booster ya? Well, lagu ini tidak se-miserable itu kok. "And my hopes, they are high, I must keep them small. Though I try to resist, I still want it all." Bait pertama saja sih yang relatable untuk semua situasi. Lagu ini pada dasarnya bercerita tentang seseorang yang mencintai orang yang salah. "Only fools fall for you."

#2 EASE

I'm sorry if I drag you deeper. Masih dengan lagu sedih, Ease menggambarkan mood yang down juga. Bedanya, lagu ini lebih universal, not only about love. "But all this driving is driving me crazy. And all this moving is proving to get the best of me. And I've been trying to hide it. But lately, every time I think I'm better, pickin' my head up, getting nowhere." Tapi, yang aku suka dari lagu-lagu Troye adalah it's sad without being sad. You know, lagu-lagu sedih ala Adele dan Sam Smith pasti dibalut dengan tempo slow dan mengajak pendengar mendalami kata demi kata. Sedangkan Troye membalut kisahnya dengan soft-touch synths dan gebukan drum simpel ala musik Lorde.

#3 LOST BOY
[Listen: Spotify | YouTube]

"Yeah, the truth is that I'm sorry. Though I told you not to worry.
I'm just some dumb kid trying to kid myself. That I got my shit together."

Yeah, I know. This is (still) not a happy song. Lagu ini lebih ke letting (something) go, lebih positif dibandingkan lagu-lagu sebelumnya. Selain itu, mood yang dibangun sejak awal lagu memang lebih menyenangkan. You can even move your body a little. Beat lagu ini cocok untuk playlist bersantai di pantai.

#4 for him.

"You don't have to say 'I love you' to say I love you." True. Bagiku sih ini lagu cinta yang sangat manis tanpa terkesan lebay. Hal lain yang membuatku suka Troye Sivan adalah liriknya yang simpel tapi selalu pas dengan yang dirasakan pendengar. Bagiku, beautiful lyric tidak harus puitis atau menggunakan istilah-istilah atau banyak idiom. Cukup relatable atau istilah zaman sekarang, quotable. Aku suka kok mendengar lirik-lirik seperti itu. Lumayan, sekalian belajar kosakata baru. Tapi, terkadang isi hati ini hanya ingin dikeluarkan tanpa perlu pikir panjang.

#5 YOUTH
[Listen: Spotify | YouTube]

Youth adalah salah satu hit single Troye dari album Blue Neighbourhood. Lagu ini jauh lebih semangat daripada empat lagu yang aku sebutkan sebelumnya. Lagu yang pas buat buat dancing on the floor sambil menonton Troye tampil di atas panggung. Dari judulnya saja sudah terlihat, Youth, masa muda.

****************

Well, it was so hard for me to choose only five songs. Sebenarnya, masih banyak lagu-lagu Troye yang aku suka. Tapi, lima lagu di ataslah yang paling bisa mewakili jenis musik dan cerita yang dia suguhkan. If you like him, you should check out Happy Little Pill, salah satu lagu dalam EP TRXYE (2014). Lagu itu semacam anthem song saat aku sedih dengan nuansa yang sangat dark and deep and probably desperate dengan beat yang tidak slow. Tapi, jangan terlalu mendalami lagu itu ya. Tidak ada unsur positifnya sama sekali.

!!GIVEAWAY!!

January is almost over. Tapi, rasanya belum terlambat untuk memberi hadiah notebook cantik dari Buddy Books. This is not a sponsored giveaway. Secara personal aku memang suka membeli custom notebook di sana. Apalagi, aku termasuk orang yang cerewet dalam hal memilih notebook. Maklum, harus praktis dan meet all my needs selama setahun. Oke, langsung saja. Inilah syarat dan ketentuan mengikuti Giveaway Part 1 Weekly Blog Challenge:

  1. Punya alamat pengiriman di Indonesia. I don't mind you're currently overseas.
  2. Follow blog ini dengan email atau Google+ (on the bottom of this blog). --1 poin (each)
  3. Follow me on Instagram @accordingtoratri or/and Twitter @smilingnath. --1 poin (each)
  4. Buat tulisan sesuai tema minggu ini: 5 songs you like right now. Boleh ditulis di blog, notes Facebook, kompasiana, atau platform sejenis. Please link my blog once. Lalu, jangan lupa untuk memasukkan link-nya di bawah ini. Share your post on any social media you have! --3 poin
  5. Penilaian tidak bedasarkan tulisan. Aku akan memilih dua pemenang secara random. Pemenang boleh memilih cover yang diinginkan.
  6. Giveaway ditutup pada 4 Februari 2016. Good luck!


-----UPDATE 1 MARET 2017-----

Terima kasih sudah berpartisipasi dalam giveaway pertamaku :) I'm very very sorry for the late announcement due to my personal issue. Berikut adalah dua orang yang berhak memilih notebook dari Buddy Books:
  1. @hersyuuu (Twitter submission)
  2. Extraordinary Diary (blog post submission. read here)