First Impression: Missing 9 - Drama Korea

Friday, January 20, 2017

Akhirnya, drama Korea paling dinanti ini tayang juga. Aku sebenarnya heran kenapa Missing 9 banyak dibicarakan. Kalau melihat drama hits akhir-akhir ini, misalnya Legend of the Blue Sea dan Goblin, keduanya punya point of interest yang sama: pemain kenamaan. Tapi, drama produksi MBC ini beda, khususnya bagiku. Aku sama sekali tidak mengenal Jung Kyoung-ho dan Baek Jin-hee, para pemeran utama. Entah karena aku kurang banyak menonton drama atau mereka memang tidak hits di kalangan penikmat internasional.

Missing 9 bercerita tentang sembilan orang dari Legend Entertainment yang terdampar di sebuah pulau tak bertuan. Pesawat yang mereka tumpangi jatuh. Empat bulan kemudian, salah satu dari mereka kembali ke Korea dan menjadi satu-satunya orang yang selamat. Apa yang telah terjadi selama empat bulan? Apakah hanya dia yang selamat? Sebelum membahas lebih dalam, let me introduce you to those nine who are missing:

  1. Seo Joon-o (Jung Kyoung-ho): Mantan leader boyband Dreamer. Setelah bubar, popularitas Joon-o meredup. Dia bahkan rela melakukan apa saja agar bisa terkenal lagi. Sebenarnya dia punya hati yang baik. Tapi, dia agak gengsi dengan stylist-nya yang serba bisa.
  2. Ra Bong-hee (Baek Jin-hee): Stylist baru Joon-o. Ini adalah pekerjaan pertamanya. Sering diajak menyelam oleh sang ibu, Bong-hee lebih gampang beradaptasi saat terdampar di pulau tak berpenghuni. Dia pun menjadi orang yang paling optimis.
  3. Lee Yeol (Chanyeol EXO): Mantan anggota boyband Dreamer. Dia kalem dan masih menghargai Joo-o meskipun nasibnya sangat berbeda. Pintar menulis lagu, setelah Dreamer bubar, dia debut sebagai penyanyi solo.
  4. Choi Tae-ho (Choi Tae-joon): Mantan anggota boyband Dreamer. Tae-ho sangat tidak akur dengan Joon-o. Dia merasa Joon-o lah yang menyebabkan Dreamer bubar. Saat ini, Tae-ho dikenal sebagai aktor paling populer di Korea. Sejauh ini, dia terlihat paling arogan.
  5. Ha Ji-a (Lee Sun-bin): Aktris paling populer di Korea. She's like the goddess of Korea entertainment. Cantik, seksi, ramah. Dia pun pacaran dengan Tae-ho. Sayangnya, Ji-A punya penyakit yang membuatnya sulit bertahan saat terluka dan dia menyimpan banyak rahasia.
  6. Jung Ki-joon (Oh Jung-se): Manager Joon-o dan satu-satunya orang yang percaya bahwa artis yang dia handle itu bisa tenar lagi. Ki-joon merupakan mantan manager Ji-a yang diam-diam dia cintai. Dia adalah orang baik, sabar, dan pengertian.
  7. Yoon So-hee (Ryu Won): Dia terlihat seperti seorang perfeksionis. Sama seperti Ji-A, dia juga sangat tenar dengan pembawaan yang lebih anggun dan elegan. Sayangnya, saat di pulau, dia sangat depresi dan ingin bunuh diri. Baginya, lebih baik mati daripada hidup tidak jelas.
  8. Hwang Jae-kook (Kim Sang-ho): CEO Legend Entertainment.
  9. Tae Ho-hang (Tae Hang-ho): Tangan kanan Jae-kook yang paling loyal. Dia dan bosnya tidak pernah hidup kekurangan. Jadi, mereka cukup kesulitan bertahan. Tapi, Ho-hang dan Jae-kook akan membuat penonton tergelak dengan tingkah konyol mereka.


Dengan 9 orang terdampar, tentu Missing 9 akan menyuguhkan banyak cerita dan drama. Penulis Han Jung-hoon pun akan membuat kita penasaran, jengkel, marah, menangis, tertawa. Kompleks. Complete. Oleh karena itu, meski tanpa pemain hits masa kini, sepertinya Missing 9 bisa mencapai rating 20 persen seperti yang diharapkan Chanyeol EXO. Yah, asalkan Legend of the Blue Sea sudah tamat dan tidak ada drama aktor Korea hits menyaingi.

Missing 9 diawali dengan kepulangan Bong-hee ke Korea Selatan. Seluruh masyarakat heboh, apalagi ada isu bahwa kecelakaan itu setting-an. Dipimpin Jo Hee-kyung (Song Ok-suk), pemerintah menggali informasi secepat mungkin. Sayangnya, Bong-hee menderita meningitis sehingga dia hanya ingat sedikit demi sedikit. Di sisi lain, kita juga diajak mengikuti kisah Bong-hee sejak pertama kali bekerja dengan Joon-o. Jadi, jangan bingung. Missing 9 akan penuh flashback, baik itu ke masa saat korban terjebak di pulau atau saat Dreamer masih belum bubar.

Banyak yang bilang drama ini mirip Lost, serial TV Amerika. Well, ide cerita korban kecelakaan pesawat yang terdampar memang bukan hal baru. Tapi, Missing 9 dan Lost tidak bisa disamakan. Para karakter dalam Lost menemui rintangan berupa monster-monster mistis. Sedangkan menurutku, Missing 9 akan fokus pada kehidupan para karakter yang saling berhubungan mengingat mereka satu agensi. Konflik masa lalu, saling menyalahkan, loyalitas, dan ego bertahan hidup. Sepertinya hanya itu, tidak akan ada monster mistis ala Supernatural. Apalagi, di "masa kini" pun banyak konflik yang terjadi. Aku curiga pemerintah mau membuat konspirasi.

What is the thing you're supposed to do?
The truth. I will find out the truth. It is my job to make sure the law is never used wrongfully. It's also your duty. As in this case, manipulating the truth isn't our job.
- Yoon Tae-young, episode 2

Pada dua epsiode pertama ini, penonton hanya diajak berkenalan dengan para karakter. Iya, butuh dua episode agar kita paham dan terbiasa dengan alurnya yang cukup sering maju-mundur. Bagi yang menilai drama Korea dari ceritanya, you'll find it pretty exciting. Sedangkan bagi yang menonton karena hype saja, sepertinya mereka akan malas menonton. Sang sutradara pun bekerja dengan baik sehingga aku tidak merasa bosan meski aku sadar bahwa alurnya berjalan sangat lambat. Maklum, sedikit membahas A, sedikit membahas B, sedikit membahas C, kembali membahas A lagi, lalu membahas D. If I may say, dua episode pertama Legend of the Blue Sea lah yang membosankan. Aku berharap Missing 9 akan menyuguhkan cerita yang benar-benar padat, tanpa melebih-lebihkan. It'll break my heart kalau drama seperti W Two Worlds terulang lagi. For its complexity, it's 4,5/5 stars.

MAJOR SPOILER!! Yoon So-hee ditemukan tewas di "masa kini." Menurut hasil autopsi, dia meninggal karena dibunuh. Penasaran kan? Tunggu episode 3 Missing 9 yang tayang setiap Rabu-Kamis pukul 22.00 KST.


9 comments:

  1. Sekilas memang mirip drama series di amrik, tapi ini disuguhkan dengan ala asia ya jd lebih terasa dekat dg kita

    ReplyDelete
  2. eh penasaran banget aku.. ini sudah berapa episode ya? aku kadang agak ga suka drama korea yang klise2 gitu makanya agak males liat drama korea romance ala-ala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru 2 episode kok :) Aku juga nggak suka kalau ceritanya cuma "gitu aja." Makanya ini recommended. So far sih hehe

      Delete
  3. Jung Kyoung-ho aku taunya pacarnya sooyoung snsd kalau si jin hee aku tau pernah nonton drama sama oh jin hyuk dan itu dy baguuuus bgt. aku jujur nonton ini tanpa ekspektasi apa2 dan ternyata bagus bgt! nyadar gag sih semua baju yang dipakai disana bajunya earthy tone gitu katanya itu memang disengaja buat plotnya. makin penasaran kaaaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaaaaa... Itu point yang bikin aku tertarik nonton sih. Fashionable banget. Tapi rada konyol kok kebetulan banget mereka pakai baju senada :)) Ngga masuk akal

      Delete
  4. Wuah belum nonton ini, penasaran sih. Thanks for the impression so far, nonton ah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, yuk, nonton! Sampai ep 4 juga belum mengecewakan kok :)

      Delete
  5. Aaa aku belum sempet nonton ini, padahal lagi booming banget haha. Setelah nonton The Legend of the Blue Sea, Goblin, sama Weightlifting Fairy aku belum dapet tontonan lagi nih hehe. Ragu mau nonton ini takut ngebosenin, tapi setelah baca ini ternyata sounds interesting yhaa. Btw, aku juga lagi nunggu Tomorror With You sih, abisnya ada Shin Min Ah nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes! Yes! Aku juga nungguin itu. Tapi selalu lupa judulnya. Semoga rilisan februari genrenya lebih menyenangkan ya.

      Delete

Thanks for reading! Jangan lupa tinggalkan jejak di sini. If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x