TV Series Review: Doctors - Drama Korea

Wednesday, September 14, 2016

Wow. Sampai sekarang aku masih tidak menyangka bisa menghabiskan seluruh episode Doctors. Sebab, seperti yang sudah aku tulis pada First Impression: Uncontrollably Fond vs Doctors, aku tidak suka akting Park Shin-hye. Tapi, entah kenapa, aku tidak pernah sekalipun mempercepat episode Doctors yang aku tonton (seperti yang biasa aku lakukan saat ada episode yang sangat membosankan). Setelah dipikir cukup lama sehingga tulisan ini baru di-post, inilah alasan Doctors menjadi drama Korea yang wajib ditonton pada 2016.

!!!AWAS SPOILER!!!

#1 Mengusung Kisah Cinta yang Mature
Meski diawali dengan kisah Yoo Hye-jung (Shin-hye) saat SMA, Doctors sama sekali tidak menyuguhkan kisah cinta remaja. Sebab, Hye-jung jatuh cinta kepada gurunya, Hong Ji-hong (Kim Rae-won). Layaknya anak SMA yang rebel, Hye-jung tidak terlalu peduli dengan nilai akademiknya. Parahnya lagi, dia pernah mencuri dan bergaya dewasa sehingga terlihat bitchy. Dia pun sering menggunakan tangan (suka kekerasan) dalam menghadapi masalah. Nah, semua tingkah rebellious itu diimbangi dengan sikap mengayomi Ji-hong. Namanya saja guru. Dia selalu punya pemikiran yang tidak pernah Hye-jung dan aku pikirkan.

#2 Mengajarkan Kita tentang Pengorbanan



Jatuh cinta kepada orang yang sama membuat Hye-jung dan sahabat barunya, Jin Seo-woo (Lee Sung-kyung), bertengkar. Perbedaan kasta membuat Hye-jung sampai dijebloskan ke penjara. Tapi, pengorbanan Chun Soon-hee (Moon Ji-in), sahabatnya yang lain, sukses membuat penonton menangis bombay. Sebab, dia digambarkan sebagai sosok "minor." Dia dari keluarga kaya, cantik, tapi sangat bodoh dan tidak dihiraukan oleh orang tuanya. Nah, Hye-jung lah orang pertama yang mau menerima Soon-hee apa adanya tanpa merasa superior. Oleh karena itu, tidak ingin merusak masa depan sahabat barunya yang akhirnya bisa mengejar ketertinggalan di bidang akademik, Soon-hee mengaku bahwa dialah yang mencelakai Soon-hee.

#3 Mencintai Berarti Mau Belajar Mengalah dan Memahami
Inilah poin yang benar-benar menusukku tepat di hati. Sebab, setelah dipikir-pikir, sikapku kok mirip ya dengan Hye-jung. Dokter cantik ini dikenal bebal. Dia terbiasa melakukan semuanya sendirian sehingga tidak pernah membiarkan Ji-hong ikut campur. Padahal, sebagai seorang pria yang mencintainya, Ji-hong hanya ingin membantu dan merasa dibutuhkan.

"I want to be PART of your LIFE. You can think and make DECISIONS by YOURSELF. I'll just be by your side."
- Hong Ji-hong

Kalau dibegitukan sih siapa yang tidak luluh. Hye-jung pun sedikit demi sedikit membuka hatinya untuk Ji-hong. Dia masih punya banyak hal yang harus dipelajari tentang cinta. Misalnya, dia mengaku tidak tahu bagaimana cara menghibur Ji-hong yang baru saja kehilangan ayahnya. Sebab, saat nenek Hye-jung meninggal, tidak ada orang yang menghiburnya. Dia belajar menghibur dirinya sendiri.


Mungkin, bagi sebagian orang, drama ini agak membosankan. Well, Anda harus menonton Uncontrollably Fond dulu biar tahu seperti apa "membosankan" itu. Tapi, mungkin aku bisa enjoy menonton Doctors karena merasa related dengan Hye-jung. Overall, banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dari drama SBS ini, khususnya tentang kisah cinta yang dewasa.

*****
Judul: Doctors ( ) | Sutradara: Oh Choong-hwan | Penulis: Ha Myung-hee | Pemain: Kim Rae-won, Park Shin-hye, Yoon Kyun-sang, Lee Sung-kyung | Tanggal tayang: 20 Juni-23 Agustus 2016 | Jumlah episode: 20 | Durasi: 60 menit | Stasiun TV: SBS | Produksi: Pan Entertainment | Distributor: Seoul Broadcasting System | My Rating: 

No comments:

Post a Comment

Thanks for reading! Jangan lupa tinggalkan jejak di sini. If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x