×
Asuransi Kesehatan untuk Traveling Itu Penting!

Asuransi Kesehatan untuk Traveling Itu Penting!

asuransi kesehatan traveling
Foto: Unsplash

Asuransi kesehatan yang kita tahu dan sepertinya kita semua miliki adalah BPJS. Yap, punya BPJS memang sangat membantu saat tiba-tiba kita jatuh sakit dan butuh biaya cukup banyak. Sayangnya, bagi traveler atau seseorang yang mau jalan-jalan ke luar negeri sepertiku, BPJS nggak bisa diandalkan! Sebab, setahuku sampai saat ini BPJS belum melayani pengobatan di rumah sakit di luar Indonesia. Kenapa sih asuransi kesehatan penting untuk traveling?

#1 Biaya Pengobatan Lebih Mahal

Nggak mendoakan yang jelek-jelek ya. Tapi, namanya juga jalan-jalan ke tempat yang nggak biasa kita datangi setiap hari, siapa yang tahu nanti kita akan tersandung? Bisa aja di negara yang kita datangi jalanannya bisa sangat licin saat hujan sehingga kita bisa terpeleset. Selain itu, gaya berkendara di negara lain juga ada yang lebih parah dari Indonesia. Nggak ada jaminan kita terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Anything could happen.

Nah, pengobatan di rumah sakit di luar negeri cenderung lebih mahal. Memang ada kelas paling bawah sih. Tapi, menurut Smarter Health, biaya konsultasi dokter di Singapura berkisar SGD 100–150. Saat tulisan ini dibuat, kurs dolar Singapura adalah Rp 10.283. Jadi, biaya konsultasi dokternya sekitar Rp 1–1,5 juta. Padahal kalau di rumah sakit RKZ di dekat rumahku hanya sekitar Rp 150–300 ribu. Bisa dibayangkan kan bagaimana dengan biaya pengobatan lain-lain? Ini masih Singapura lho, belum negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Inggris.

rumah sakit singapura
Foto: Unsplash

#2 Kondisi Kesehatan Berbeda jadi Sulit Dipantau

Buat yang traveling dengan keluarga, khususnya orang tua, membeli asuransi kesehatan itu sangat penting. Meski sebelum berangkat sudah cek kesehatan ini-itu, namanya beda negara pasti beda cuaca, udara, dan ‘‘medan’’-nya juga. Hal itu bisa mempengaruhi kesehatan mereka secara ekstrim. Bilangnya kuat jalan jauh karena biasa jalan ke pasar setiap pagi. Eh, di sana cepat dehidrasi karena udaranya kering banget. Alhasil kesehatannya langsung drop dan pingsan. Ibukku banget :”””)

Sebenarnya, poin ini mirip seperti poin sebelumnya. Tapi, banyak yang merasa nggak perlu asuransi kesehatan karena sudah cek dan dibolehin dokter jalan-jalan karena aman. Padahal, lagi-lagi, who knows. Terutama bagi ibu-ibu yang ingin membawa anaknya jalan-jalan, sebaiknya dibelikan asuransi kesehatan ya :) Apalagi kalau anaknya gampang rewel.

#3 Ada Perlindungan Komplit

Beberapa asuransi perjalanan ada yang menawarkan perlindungan komplit. Maksudnya, asuransi tersebut nggak cuma meng-cover biaya kesehatan, tapi juga keterlambatan pesawat, kehilangan bagasi, dan lain-lain. Praktis nggak tuh? Biasanya, asuransi untuk pesawat delay dan lost baggage sudah ditawarkan saat membeli tiket di online travel agent. Tapi, kalau aku pribadi sih lebih memilih asuransi lain, misalnya Lifepal, karena lebih praktis dan terpercaya. Aku pun bisa konsultasi terlebih dahulu tentang asuransi traveling mana yang cocok untuk kebutuhanku.

asuransi bagasi penerbangan
Foto: Unsplash

Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Jalan-Jalan

Pokoknya beli asuransi yang pembayarannya gampang. Maksudnya, nanti semua biaya kesehatan di luar negeri bakal dibayar langsung oleh pihak asuransi atau kita talangi dulu dan bisa diklaim sesampainya di Indonesia. Nah, kalau kita nggak bisa menyediakan emergency fund untuk itu, cari yang bukan sistem klaim. Baca-baca review-nya ya biar tahu pengalaman orang lain saat pencairan dana. Jangan sampai lah kita sudah bayar premi dan masih dipersulit.

‘‘Aku nggak mau traveling ke luar negeri nih. Apa masih perlu asuransi kesehatan?’’

TENTU SAJA! Semua poin yang aku tulis di atas juga berlaku untuk jalan-jalan di dalam negeri. Meski ada BPJS, aku biasanya tetap membeli asuransi kesehatan lain seperti di Lifepal. Sebab, sejauh ini aku kurang nyaman dengan sistem BPJS yang menurutku sangat ribet (tapi aku tetap bayar premi ya!). Sedangkan asuransi kesehatan lain juga menyediakan customer serive yang lebih sigap membantu.

Well, selamat berlibur! Stay safe and stay happy ya! Buat yang belum pernah jalan-jalan ke luar negeri dan pengin liburan dengan budget minim, baca persiapan wajib sebelum jalan-jalan ke luar negeri. Ada tips berburu tiket pesawat murah lho! Selain itu, pastikan kamu sudah meng-install aplikasi traveling (baca daftar aplikasinya di NafasKuda) sebelum berangkat. Have a great trip!

Tidak ada komentar

Thanks for reading! Jangan lupa tinggalkan jejak di sini. If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x