×
8 Best Korean Drama 2017

8 Best Korean Drama 2017

Tidak terlalu banyak drama Korea yang aku tonton tahun lalu. Beberapa judul juga tidak aku tonton sampai habis karena...yah, kurang suka dan kurang menarik (bagiku) saja. So, please note kalau tulisan ini dibuat purely berdasarkan pendapat pribadi. Selera kita mungkin berbeda and it's okay. Toh aku yakin drama Korea terbaik 2017 versiku tidak akan sama dengan versi lain.

By the way, pada tahun 2017, kita dikenalkan untuk pertama kalinya dengan split episode (aku tidak yakin apa sebutannya). Jadi, drama yang berdurasi satu jam untuk satu kali penayangan (satu hari) akan dibagi menjadi dua episode (masing-masing 30 menit). Dengan begitu, beberapa source menulis drama 16 episode menjadi 32 episode. Kabarnya, gap dua episode itu untuk iklan. But well, let's stick to the old rule.

#8 Circle
Korean Drama Circle
Foto: tving

Mungkin banyak yang menganggap drama ini terlalu rumit. Sebab, alur ceritanya maju-mundur dengan dua timeline berbeda yang berjalan bersamaan. Biasanya, 30 menit pertama (Part 1) tentang Kim Woo-jin (Yeo Jin-goo) yang mencari kakaknya, Kim Beom-gyoon (An Woo-yeon). Sang kakak dicap orang gila karena percaya bahwa ayah mereka diculik alien.

Sedangkan pada 30 menit berikutnya (Part 2), penonton dibawa ke masa depan, tepatnya 2037. Kondisi bumi yang semakin buruk membuat beberapa pihak membangun dunia baru. Pada saat itu, Beom-gyoon diperankan Kim Kang-woo. Misinya pun terbalik, yaitu mencari Woo-jin. Well, langsung tonton sendiri saja. Kalau dijelaskan bisa spoiler he he he.

Awalnya, aku menonton Circle karena penasaran dengan Yeo Jin-goo. Aktor muda ini sering menjadi versi muda seorang karakter utama yang ganteng. Nah, kali ini dia menjadi pemeran utamanya. And he's obviously good. Menurutku sih aktingnya tanpa cela. Selain itu, Circle menawarkan kerumitan dan plot twist yang aku suka. You know, I'm a big fan of plot twist. Sayangnya, menjelang ending, ada kesan "tidak masuk akal" yang ditimbulkan. Alur ceritanya seperti agak dipaksakan. I'm not really sure apa yang membuat Circle seperti itu. Tapi, hal itu sangat minor kok. Most of k-drama lovers tidak menonton drama ini sampai habis karena kebingungan sejak awal. Well, you decide.

#7 Romantic Doctor, Teacher Kim
Korean Drama Romantic Doctor Teacher Kim
Foto: joins

Entah kenapa aku sangat menikmati drama Korea tentang dokter. [Baca juga: Review Drama Korea Doctors] Well, belum terlalu banyak yang aku tonton. Tapi, sejauh ini, Romantic Doctor, Teacher Kim adalah drama Korea terbaik. Semua istilah dan kerumitan dunia kedokteran dibawakan dengan ringan, tapi tetap berbobot. Selain itu, drama yang dibintangi aktor senior Han Suk-kyu sebagai Teacher Kim ini menyuguhkan kehidupan para dokter yang benar-benar mengabdi. Para dokter Indonesia yang terlanjur keblinger harta dan para mahasiswa kedokteran harus nonton ini nih.

Drama ini membuatku mendambakan sosok dokter seperti Teacher Kim. Dia adalah dokter yang punya prinsip. Iya, prinsip lah yang membuat dokter ingat tujuannya menjadi dokter. Dia hidup seperti rakyat jelata, sama sekali tidak bergelimang harta. Tapi, tidak ada satu pun penyakit yang tidak bisa dia sembuhkan. Karakter-karakter seperti Kang Dong-joo (Yoo Yeon-seok) dan Do In-bum (Yang Se-jong), para dokter dari rumah sakit besar, bisa kembali ke jalan yang benar berkat Teacher Kim.

#6 Weightlifting Fairy Kim Bok-joo
Korean Drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Siapa sih yang tidak mengidolakan Kim Bok-joo (Lee Sung-kyung) dan Joon Jung-hyung (Nam Joo-hyuk)? Hubungan mereka membuatku yakin menjadikan Weightlifting Fairy sebagai salah satu drama Korea terbaik 2017. Kisah cinta mereka memang cheesy. Tapi, entah kenapa tidak terasa "berlebihan". Selain itu, drama ini mengajarkan kita untuk terus memperbaiki diri. Tidak perlu takut jomblo selamanya karena tidak memenuhi standard cantik masyarakat. One day, cowok seperti Jung-hyung akan datang kok. Baca review lengkapnya di sini ya.

#5 Because This is My First Life
Korean Drama Because This is My First Life
Foto: Viki

Masih ingat betapa realistisnya hubungan mereka? Ya, rasanya susah untuk tidak memasukkan drama ini dalam daftar drama Korea terbaik 2017. Aku terlalu suka. Sebab, untuk pertama kalinya ada kisah cinta yang berbeda. Biasanya, drama Korea mengusung konsep si kaya jatuh cinta dengan si miskin dan keluarga si kaya tidak setuju. Kebanyakan pasangan pun menikah karena jatuh cinta.

Padahal, saat ini, pasangan seperti Nam Se-hee (Lee Min-ki) dan Yoon Ji-ho (Jung So-min) lebih masuk akal. Mereka menikah karena butuh. Meski akhirnya mereka benar-benar jatuh cinta, tapi penonton dibawa memahami realita dulu. Alhasil, bapernya sangat terasa! Baca review-nya di sini.

#4 Goblin
Korean Drama Goblin

[Baca dulu: First Impression Drama Korea Goblin] Sebenarnya, Goblin bisa menduduki peringkat ke-2 atau bahkan pertama! Sayangnya, ending drama ini cukup mengecewakan. I'm sure you all have watched this. Jadi, spoiler sedikit tidak apa-apa ya?

Goblin berhasil didapuk sebagai drama Korea terbaik (mungkin) sepanjang masa. Entah itu karena ide ceritanya, alur ceritanya, bumbu-bumbunya, atau para pemainnya yang berhasil membius penonton dan membuat drama ini sangat memorable. Aku pun terbius. Aku bahkan sempat yakin drama ini akan menduduki peringkat pertama drama Korea terbaik 2017 versi ratrianugrah.com. Bagaimana tidak, Gong Yoo dan Lee Dong-wook berhasil menciptakan bromance paling epik. Dengan dua aktor besar, sinar Kim Go-eun juga tidak meredup. Beberapa scene puitis yang berpotensi membosankan ternyata tetap nikmat ditonton. What's not to like kan?

Tapi, aku sangat tidak setuju dengan ending-nya. Later I found out kalau writer Kim Eun-sook memang suka membuat happy ending. Bagiku, ending yang ideal adalah saat Goblin akhirnya bisa pergi dengan tenang. Buatlah Ji Eun-tak sedih dan bangkit lagi seperti film Me Before You (2016). Menurutku, Goblin bisa kembali dan Grim Reaper bertemu lagi dengan Sunny (Yoo In-na) itu tidak masuk akal. Meskipun mereka berdua diceritakan terlahir kembali sebagai manusia biasa, tetap saja terkesan dipaksakan. Dear, Kim Eun-sook. Membuat bitter sweet ending itu boleh kok. Coba lihat 49 Days (SBS).

#3 Queen for Seven Days
Korean Drama Queen for Seven Days
Foto: Pinterest

Berawal dari coba-coba, aku akhirnya jatuh cinta dengan drama ini. Mengusung genre historical drama, Queen for Seven Days atau Seven Days Queen ini bercerita tentang perebutan takhta antarsaudara. King Lee Yoong (Lee Dong-gun) harus menyerahkan mahkotanya kepada Prince Lee Yeok (Yeon Woo-jin) saat dia cukup umur. Tapi, karena kesepian dan iri dengan perhatian orang-orang terhadap Lee Yeok, King Lee Yoong selalu mempersulit hidupnya. Semacam orang yang paranoid, padahal Lee Yeok sangat setia kepadanya.

Sesuai namanya, drama ini fokus pada Shin Chae-kyung (Park Min-young). Dia adalah putri tangan kanan King Lee Yoong. Sang raja menjodohkannya dengan Lee Yeok dan mereka benar-benar jatuh cinta. Sayangnya, suatu hari King Lee Yoong sendiri yang jatuh cinta. Plot twist dan sebenarnya bisa ditebak. Tapi, romance yang disuguhkan sama sekali tidak menye. Justru aku salut karena drama ini tetap mengusung banyak percek-cokan dua bersaudara sesuai sejarahnya, bukan mendramatisir sejarah demi kisah cinta yang akan diidolakan anak muda.

#2 Forest of Secrets
Korean Drama Forest of Secrets
Foto: YouTube

I'm sure most people will disagree drama ini berada di peringkat ke-2. Tapi, kadang menurutku Forest of Secrets ini malah lebih bagus daripada Defendant. Kekuatan utamanya pada karakterisasi dan aktor yang surprisingly bisa membawakannya dengan sangat apik.

Karakter utama drama ini adalah Hwang Shi-mok (Cho Seung-woo), seorang jaksa yang sangat bersih. Saat kecil, dia pernah menjalani operasi yang cukup serius sehingga dia tumbuh tanpa emosi. Jadi, kadang kita dibuat geregetan karena Shi-mok sangat tidak ekspresif. Akting seperti itu pasti banyak godaannya ya. Big applause untuk Seung-woo!

Meski begitu, semua karakter di sekitar Shi-mok sama sekali tidak boleh diremehkan. Semuanya penting. Saking pentingnya, Forest of Secrets membuat penonton galau. Yang tadinya si A diyakini sebagai pelaku, tiba-tiba si B lebih mencurigakan. Begitu seterusnya. Keren kan? Dengan plot seperti itu, drama produksi tvN tetap dibalut sederhana sehingga kualitas ceritanya semakin terbukti mantap.

#1 Defendant
Korean Drama Defendant

Tentu saja Defendant yang berhak berada di peringkat pertama. If you haven't noticed, cerita detektif, kriminal, dan sejenisnya memang my cup of tea. Selain karena drama ini masuk genre favoritku, permainan karakter adalah salah satu hal yang menarik. Ji Sung berperan sebagai seorang jaksa yang dituduh membunuh istri dan anaknya. Kehilangan ingatan, lagi-lagi Ji Sung harus bermain emosi "ganda". Begitu juga dengan karakter villain Uhm Ki-joon. Dia bahkan harus memerankan saudara kembar yang karakternya cukup berbeda. Drama Korea Defendant ini dijamin tidak membosankan. Yuk, baca review-nya di sini.

Itulah 8 drama Korea terbaik 2017 versiku. Luckily, daftar ini cukup bervariasi. Ada genre romantic comedy, fantasi, crime, bahkan historical drama! So you know drama apa yang menurutku paling recommended dari tiap genre. Kalau ada drama bagus yang aku lewatkan, let me know on the comment ya! Saat ini aku sedang mengikuti Hwayugi, Two Cops, dan Black Knights.



23 komentar

  1. waaahh, note ada beberapa nih yg belum saya tonton :)

    BalasHapus
  2. kyaaaaaaaaa ak belum pernah nonton semua dih, Goblin ding udah.
    Ah yang lain belum pengen nonton banget.

    BalasHapus
  3. Baru inget kalo Weighlifting Fairy tayang 2017. Itu juga favoritku nggak tau kenapa padahal bukan tipe yang suka nonton romance gitu. Tapi gimana yaa..chemistry nya dapet banget dan menggemaskan sih.

    BalasHapus
  4. gobliiiinnn emang terbaek filmnya :D

    BalasHapus
  5. Sudah lama saya gak nonton drakor. Dulu pernah nonton yong pal. Bagus isi ceritanya menurut saya. Nonton barengan zama anak anak hehe rame lah. Biasa komentar anak anak hihihi

    Btw saya juga suka film kolosal. Jadi pengen nonton fil seven days queen. Makasih reviewnya ya πŸ˜‰

    BalasHapus
  6. Drama korea black juga bagus kak, aku aja sampai dibuat penasaran dan harus rela ngabisin kuota buat download hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Black bagus. Tapi aku belum sempat nonton sampai habis. Kena k-drama slump nih hehe. Semoga ada waktu ya.

      Hapus
  7. Yeaaayy because this is my first life kesukaan aku mba..secara yg lain blm trlalu menggugah buat nonton. Seri yg ini realistis bgt gak kyk kawin2 kontrak lainnya

    BalasHapus
  8. waaah langsung dicatet nih buat referensi streaming nanti malam hihi

    BalasHapus
  9. Beberapa drama juga termasuk drama favorit aku . Tapi beberapa drama ada yg belum aku tonton. Nanti aku list deh buat nonton juga :)

    Salam kenal
    Diah
    www.diahestika.com

    BalasHapus
  10. Waaah Drakor ada cerita detektifnya juga? Tertarik nonton nomer 1 dan 2 nih.

    BalasHapus
  11. Hmm banyak referensi film korea yang bagus. Khawatir ketagihan sekalinya menonton. >,<

    BalasHapus
  12. Jadi pengen juga ikutan demam drakor.suka amati juga perkembangan kotanya lewat tayangan teve

    BalasHapus
  13. Gak pernah nonton film korea euy... huhuhu..

    BalasHapus
  14. Wah update banget nih hehehe. Aku udah lama banget ga liat drakor, tapi sering diajakin temen2 buat nonton lagi. Kayaknya 8 film diatas mau coba dijajal satu-satu deh, buat nyobain nonton drakor lagi.

    BalasHapus
  15. Aku cuma pernah nonton goblim eps 13-16.an tpi nggak lengkap, jadi nggak tau banyak ttg drakor
    Btw itu mbaknya donlot dimama drakornya?
    Salam kenal dari bumi Jember ya, mba
    πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™ŒπŸ˜πŸ‘ΌπŸ‘Έ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah, salam kenal juga :) Aku dulu lahir sampe SD di sana lho. Senengnya ketemu teman sekampung halaman huehe. I'll make separate post ya buat tempat nonton drama korea. Soon, I hope.

      Hapus
  16. Wah, ternyata di list ini banyak yang belum aku tonton :0
    okee no. 2, 3, 6, 7 masuk watching list!

    BalasHapus
  17. 1, 2, 8 belum di tonton, makasihh mbak infonya. ==" kebetulan lagi penant banget jadi pengen nonton drakor sambil leyeh-leyeh

    BalasHapus
  18. wahh jadi semakin pengen nonton Defendant nih! Gegara Ji Sung dapet awards juga pasti actingnya keren banget. Oya btw another medical drama yang menurut aku recommended itu ada Good Doctor (2013). Drama lama sih, tapi valuenya bagus banget dan acting leadnya keren. Worth to watch deh pokoknya <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Aku sudah nonton Good Doctor kok :) Yes, it's a good one. Sampai di-remake US kan. Kapan2 pengen ngebandingin nih

      Hapus
  19. Penasaran sama Queen for seven days :D
    Saya suka cerita drama Korea yg settingnya zaman dulu gtu :D
    TFS

    BalasHapus
  20. Saya sama sekali sudah berhenti nonton drama korea. Padahal dulunya saya sangat menyukainya. Entahlah, tambah kesini saya punya pikiran tontonan korea terlalu melenakan. Jadi saya lebih suka nonton drama barat. Hehehe

    BalasHapus

Thanks for reading! Jangan lupa tinggalkan jejak di sini. If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x