Tidak terlalu banyak drama Korea yang aku tonton tahun lalu. Beberapa judul juga tidak aku tonton sampai habis karena...yah, kurang suka dan kurang menarik (bagiku) saja. So, please note kalau tulisan ini dibuat purely berdasarkan pendapat pribadi. Selera kita mungkin berbeda and it's okay. Toh aku yakin drama Korea terbaik 2017 versiku tidak akan sama dengan versi lain.

By the way, pada tahun 2017, kita dikenalkan untuk pertama kalinya dengan split episode (aku tidak yakin apa sebutannya). Jadi, drama yang berdurasi satu jam untuk satu kali penayangan (satu hari) akan dibagi menjadi dua episode (masing-masing 30 menit). Dengan begitu, beberapa source menulis drama 16 episode menjadi 32 episode. Kabarnya, gap dua episode itu untuk iklan. But well, let's stick to the old rule.

#8 Circle
Korean Drama Circle
Foto: tving

Mungkin banyak yang menganggap drama ini terlalu rumit. Sebab, alur ceritanya maju-mundur dengan dua timeline berbeda yang berjalan bersamaan. Biasanya, 30 menit pertama (Part 1) tentang Kim Woo-jin (Yeo Jin-goo) yang mencari kakaknya, Kim Beom-gyoon (An Woo-yeon). Sang kakak dicap orang gila karena percaya bahwa ayah mereka diculik alien.

Sedangkan pada 30 menit berikutnya (Part 2), penonton dibawa ke masa depan, tepatnya 2037. Kondisi bumi yang semakin buruk membuat beberapa pihak membangun dunia baru. Pada saat itu, Beom-gyoon diperankan Kim Kang-woo. Misinya pun terbalik, yaitu mencari Woo-jin. Well, langsung tonton sendiri saja. Kalau dijelaskan bisa spoiler he he he.

Awalnya, aku menonton Circle karena penasaran dengan Yeo Jin-goo. Aktor muda ini sering menjadi versi muda seorang karakter utama yang ganteng. Nah, kali ini dia menjadi pemeran utamanya. And he's obviously good. Menurutku sih aktingnya tanpa cela. Selain itu, Circle menawarkan kerumitan dan plot twist yang aku suka. You know, I'm a big fan of plot twist. Sayangnya, menjelang ending, ada kesan "tidak masuk akal" yang ditimbulkan. Alur ceritanya seperti agak dipaksakan. I'm not really sure apa yang membuat Circle seperti itu. Tapi, hal itu sangat minor kok. Most of k-drama lovers tidak menonton drama ini sampai habis karena kebingungan sejak awal. Well, you decide.

#7 Romantic Doctor, Teacher Kim
Korean Drama Romantic Doctor Teacher Kim
Foto: joins

Entah kenapa aku sangat menikmati drama Korea tentang dokter. [Baca juga: Review Drama Korea Doctors] Well, belum terlalu banyak yang aku tonton. Tapi, sejauh ini, Romantic Doctor, Teacher Kim adalah drama Korea terbaik. Semua istilah dan kerumitan dunia kedokteran dibawakan dengan ringan, tapi tetap berbobot. Selain itu, drama yang dibintangi aktor senior Han Suk-kyu sebagai Teacher Kim ini menyuguhkan kehidupan para dokter yang benar-benar mengabdi. Para dokter Indonesia yang terlanjur keblinger harta dan para mahasiswa kedokteran harus nonton ini nih.

Drama ini membuatku mendambakan sosok dokter seperti Teacher Kim. Dia adalah dokter yang punya prinsip. Iya, prinsip lah yang membuat dokter ingat tujuannya menjadi dokter. Dia hidup seperti rakyat jelata, sama sekali tidak bergelimang harta. Tapi, tidak ada satu pun penyakit yang tidak bisa dia sembuhkan. Karakter-karakter seperti Kang Dong-joo (Yoo Yeon-seok) dan Do In-bum (Yang Se-jong), para dokter dari rumah sakit besar, bisa kembali ke jalan yang benar berkat Teacher Kim.

#6 Weightlifting Fairy Kim Bok-joo
Korean Drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Siapa sih yang tidak mengidolakan Kim Bok-joo (Lee Sung-kyung) dan Joon Jung-hyung (Nam Joo-hyuk)? Hubungan mereka membuatku yakin menjadikan Weightlifting Fairy sebagai salah satu drama Korea terbaik 2017. Kisah cinta mereka memang cheesy. Tapi, entah kenapa tidak terasa "berlebihan". Selain itu, drama ini mengajarkan kita untuk terus memperbaiki diri. Tidak perlu takut jomblo selamanya karena tidak memenuhi standard cantik masyarakat. One day, cowok seperti Jung-hyung akan datang kok. Baca review lengkapnya di sini ya.

#5 Because This is My First Life
Korean Drama Because This is My First Life
Foto: Viki

Masih ingat betapa realistisnya hubungan mereka? Ya, rasanya susah untuk tidak memasukkan drama ini dalam daftar drama Korea terbaik 2017. Aku terlalu suka. Sebab, untuk pertama kalinya ada kisah cinta yang berbeda. Biasanya, drama Korea mengusung konsep si kaya jatuh cinta dengan si miskin dan keluarga si kaya tidak setuju. Kebanyakan pasangan pun menikah karena jatuh cinta.

Padahal, saat ini, pasangan seperti Nam Se-hee (Lee Min-ki) dan Yoon Ji-ho (Jung So-min) lebih masuk akal. Mereka menikah karena butuh. Meski akhirnya mereka benar-benar jatuh cinta, tapi penonton dibawa memahami realita dulu. Alhasil, bapernya sangat terasa! Baca review-nya di sini.

#4 Goblin
Korean Drama Goblin

[Baca dulu: First Impression Drama Korea Goblin] Sebenarnya, Goblin bisa menduduki peringkat ke-2 atau bahkan pertama! Sayangnya, ending drama ini cukup mengecewakan. I'm sure you all have watched this. Jadi, spoiler sedikit tidak apa-apa ya?

Goblin berhasil didapuk sebagai drama Korea terbaik (mungkin) sepanjang masa. Entah itu karena ide ceritanya, alur ceritanya, bumbu-bumbunya, atau para pemainnya yang berhasil membius penonton dan membuat drama ini sangat memorable. Aku pun terbius. Aku bahkan sempat yakin drama ini akan menduduki peringkat pertama drama Korea terbaik 2017 versi ratrianugrah.com. Bagaimana tidak, Gong Yoo dan Lee Dong-wook berhasil menciptakan bromance paling epik. Dengan dua aktor besar, sinar Kim Go-eun juga tidak meredup. Beberapa scene puitis yang berpotensi membosankan ternyata tetap nikmat ditonton. What's not to like kan?

Tapi, aku sangat tidak setuju dengan ending-nya. Later I found out kalau writer Kim Eun-sook memang suka membuat happy ending. Bagiku, ending yang ideal adalah saat Goblin akhirnya bisa pergi dengan tenang. Buatlah Ji Eun-tak sedih dan bangkit lagi seperti film Me Before You (2016). Menurutku, Goblin bisa kembali dan Grim Reaper bertemu lagi dengan Sunny (Yoo In-na) itu tidak masuk akal. Meskipun mereka berdua diceritakan terlahir kembali sebagai manusia biasa, tetap saja terkesan dipaksakan. Dear, Kim Eun-sook. Membuat bitter sweet ending itu boleh kok. Coba lihat 49 Days (SBS).

#3 Queen for Seven Days
Korean Drama Queen for Seven Days
Foto: Pinterest

Berawal dari coba-coba, aku akhirnya jatuh cinta dengan drama ini. Mengusung genre historical drama, Queen for Seven Days atau Seven Days Queen ini bercerita tentang perebutan takhta antarsaudara. King Lee Yoong (Lee Dong-gun) harus menyerahkan mahkotanya kepada Prince Lee Yeok (Yeon Woo-jin) saat dia cukup umur. Tapi, karena kesepian dan iri dengan perhatian orang-orang terhadap Lee Yeok, King Lee Yoong selalu mempersulit hidupnya. Semacam orang yang paranoid, padahal Lee Yeok sangat setia kepadanya.

Sesuai namanya, drama ini fokus pada Shin Chae-kyung (Park Min-young). Dia adalah putri tangan kanan King Lee Yoong. Sang raja menjodohkannya dengan Lee Yeok dan mereka benar-benar jatuh cinta. Sayangnya, suatu hari King Lee Yoong sendiri yang jatuh cinta. Plot twist dan sebenarnya bisa ditebak. Tapi, romance yang disuguhkan sama sekali tidak menye. Justru aku salut karena drama ini tetap mengusung banyak percek-cokan dua bersaudara sesuai sejarahnya, bukan mendramatisir sejarah demi kisah cinta yang akan diidolakan anak muda.

#2 Forest of Secrets
Korean Drama Forest of Secrets
Foto: YouTube

I'm sure most people will disagree drama ini berada di peringkat ke-2. Tapi, kadang menurutku Forest of Secrets ini malah lebih bagus daripada Defendant. Kekuatan utamanya pada karakterisasi dan aktor yang surprisingly bisa membawakannya dengan sangat apik.

Karakter utama drama ini adalah Hwang Shi-mok (Cho Seung-woo), seorang jaksa yang sangat bersih. Saat kecil, dia pernah menjalani operasi yang cukup serius sehingga dia tumbuh tanpa emosi. Jadi, kadang kita dibuat geregetan karena Shi-mok sangat tidak ekspresif. Akting seperti itu pasti banyak godaannya ya. Big applause untuk Seung-woo!

Meski begitu, semua karakter di sekitar Shi-mok sama sekali tidak boleh diremehkan. Semuanya penting. Saking pentingnya, Forest of Secrets membuat penonton galau. Yang tadinya si A diyakini sebagai pelaku, tiba-tiba si B lebih mencurigakan. Begitu seterusnya. Keren kan? Dengan plot seperti itu, drama produksi tvN tetap dibalut sederhana sehingga kualitas ceritanya semakin terbukti mantap.

#1 Defendant
Korean Drama Defendant

Tentu saja Defendant yang berhak berada di peringkat pertama. If you haven't noticed, cerita detektif, kriminal, dan sejenisnya memang my cup of tea. Selain karena drama ini masuk genre favoritku, permainan karakter adalah salah satu hal yang menarik. Ji Sung berperan sebagai seorang jaksa yang dituduh membunuh istri dan anaknya. Kehilangan ingatan, lagi-lagi Ji Sung harus bermain emosi "ganda". Begitu juga dengan karakter villain Uhm Ki-joon. Dia bahkan harus memerankan saudara kembar yang karakternya cukup berbeda. Drama Korea Defendant ini dijamin tidak membosankan. Yuk, baca review-nya di sini.

Itulah 8 drama Korea terbaik 2017 versiku. Luckily, daftar ini cukup bervariasi. Ada genre romantic comedy, fantasi, crime, bahkan historical drama! So you know drama apa yang menurutku paling recommended dari tiap genre. Kalau ada drama bagus yang aku lewatkan, let me know on the comment ya! Saat ini aku sedang mengikuti Hwayugi, Two Cops, dan Black Knights.