×
[Week #4] Top 5 Troye Sivan's Songs + GIVEAWAY

[Week #4] Top 5 Troye Sivan's Songs + GIVEAWAY


I've been wanting to write about him for so long. Troye Sivan pertama kali kukenal bukan dari dunia musik, melainkan dari dunia seni ilustrasi. I know it sounds weird. Jadi, ada seorang ilustrator/digital artist bernama Hsiao-Ron Cheng yang berasal dari Taiper, Taiwan. I really love her works. Karyanya didominasi warna pastel dengan balutan hal-hal aneh nan cantik. Keanehan itu terkadang membuat karya Hsiao terlihat seram lho. Misalnya, ilustrasi suatu desa yang masyarakatnya tidak punya kepala. Atau monster yang mengejar kelinci-kelinci menggemaskan. Benar-benar a child's nightmare, tapi dikemas apik (bagiku sih). Nah, ternyata Hsiao juga membuat ilustrasi untuk cover art EP Troye Sivan yang berjudul Wild. That was how I know his name.
Dari 6 lagu dalam EP Wild, I like all of them. Tapi, yang paling hits sih lagu Wild, Fools, dan Talk Me Down yang ada di album pertamanya, Blue Neighborhood. Sebab, tiga lagu itu dikemas menjadi trilogi di akun YouTube-nya. Unik kan? Tidak heran kalau nama Troye langsung meroket. Not that big, but still mengingat dia adalah orang Australia. Here are top 5 Troye Sivan's songs yang harus kamu dengarkan before judging him or skipping this post:

#1 FOOLS
[Listen: Spotify | YouTube]

This is a really sad song but I'm sure it's related to everyone at some point. Biasanya sih lagu ini aku dengarkan saat sedang down, saat sedang ingin protes, tapi hanya bisa diam. "I am tired of this place. I hope people change. I need time to replace what I gave away." Seharusnya aku mendengarkan lagu-lagu mood booster ya? Well, lagu ini tidak se-miserable itu kok. "And my hopes, they are high, I must keep them small. Though I try to resist, I still want it all." Bait pertama saja sih yang relatable untuk semua situasi. Lagu ini pada dasarnya bercerita tentang seseorang yang mencintai orang yang salah. "Only fools fall for you."

#2 EASE

I'm sorry if I drag you deeper. Masih dengan lagu sedih, Ease menggambarkan mood yang down juga. Bedanya, lagu ini lebih universal, not only about love. "But all this driving is driving me crazy. And all this moving is proving to get the best of me. And I've been trying to hide it. But lately, every time I think I'm better, pickin' my head up, getting nowhere." Tapi, yang aku suka dari lagu-lagu Troye adalah it's sad without being sad. You know, lagu-lagu sedih ala Adele dan Sam Smith pasti dibalut dengan tempo slow dan mengajak pendengar mendalami kata demi kata. Sedangkan Troye membalut kisahnya dengan soft-touch synths dan gebukan drum simpel ala musik Lorde.

#3 LOST BOY
[Listen: Spotify | YouTube]

"Yeah, the truth is that I'm sorry. Though I told you not to worry.
I'm just some dumb kid trying to kid myself. That I got my shit together."

Yeah, I know. This is (still) not a happy song. Lagu ini lebih ke letting (something) go, lebih positif dibandingkan lagu-lagu sebelumnya. Selain itu, mood yang dibangun sejak awal lagu memang lebih menyenangkan. You can even move your body a little. Beat lagu ini cocok untuk playlist bersantai di pantai.

#4 for him.

"You don't have to say 'I love you' to say I love you." True. Bagiku sih ini lagu cinta yang sangat manis tanpa terkesan lebay. Hal lain yang membuatku suka Troye Sivan adalah liriknya yang simpel tapi selalu pas dengan yang dirasakan pendengar. Bagiku, beautiful lyric tidak harus puitis atau menggunakan istilah-istilah atau banyak idiom. Cukup relatable atau istilah zaman sekarang, quotable. Aku suka kok mendengar lirik-lirik seperti itu. Lumayan, sekalian belajar kosakata baru. Tapi, terkadang isi hati ini hanya ingin dikeluarkan tanpa perlu pikir panjang.

#5 YOUTH
[Listen: Spotify | YouTube]

Youth adalah salah satu hit single Troye dari album Blue Neighbourhood. Lagu ini jauh lebih semangat daripada empat lagu yang aku sebutkan sebelumnya. Lagu yang pas buat buat dancing on the floor sambil menonton Troye tampil di atas panggung. Dari judulnya saja sudah terlihat, Youth, masa muda.

****************

Well, it was so hard for me to choose only five songs. Sebenarnya, masih banyak lagu-lagu Troye yang aku suka. Tapi, lima lagu di ataslah yang paling bisa mewakili jenis musik dan cerita yang dia suguhkan. If you like him, you should check out Happy Little Pill, salah satu lagu dalam EP TRXYE (2014). Lagu itu semacam anthem song saat aku sedih dengan nuansa yang sangat dark and deep and probably desperate dengan beat yang tidak slow. Tapi, jangan terlalu mendalami lagu itu ya. Tidak ada unsur positifnya sama sekali.

!!GIVEAWAY!!

January is almost over. Tapi, rasanya belum terlambat untuk memberi hadiah notebook cantik dari Buddy Books. This is not a sponsored giveaway. Secara personal aku memang suka membeli custom notebook di sana. Apalagi, aku termasuk orang yang cerewet dalam hal memilih notebook. Maklum, harus praktis dan meet all my needs selama setahun. Oke, langsung saja. Inilah syarat dan ketentuan mengikuti Giveaway Part 1 Weekly Blog Challenge:

  1. Punya alamat pengiriman di Indonesia. I don't mind you're currently overseas.
  2. Follow blog ini dengan email atau Google+ (on the bottom of this blog). --1 poin (each)
  3. Follow me on Instagram @accordingtoratri or/and Twitter @smilingnath. --1 poin (each)
  4. Buat tulisan sesuai tema minggu ini: 5 songs you like right now. Boleh ditulis di blog, notes Facebook, kompasiana, atau platform sejenis. Please link my blog once. Lalu, jangan lupa untuk memasukkan link-nya di bawah ini. Share your post on any social media you have! --3 poin
  5. Penilaian tidak bedasarkan tulisan. Aku akan memilih dua pemenang secara random. Pemenang boleh memilih cover yang diinginkan.
  6. Giveaway ditutup pada 4 Februari 2016. Good luck!


-----UPDATE 1 MARET 2017-----

Terima kasih sudah berpartisipasi dalam giveaway pertamaku :) I'm very very sorry for the late announcement due to my personal issue. Berikut adalah dua orang yang berhak memilih notebook dari Buddy Books:
  1. @hersyuuu (Twitter submission)
  2. Extraordinary Diary (blog post submission. read here)

26 komentar

  1. Wah, penggemar Troye Sivan ya mbak?
    Temanku juga ada tuh yang jadi penggemarnya. Udah pernah coba dengerin musiknya, tapi kurang masuk ke telingaku.
    Mood musiknya itu loh, agak buat down kalau di aku.

    Udah follow blog ini pake fitur tambahkan blog di blogger. Aku ikutan giveawaynya ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya. Aku pun sadar banget kalau sebenernya lagu2 dia down semua. Makanya kadang aku selingin lagu dari album terbaru A Great Big World sih yang positif banget. Biar balance :)) Makasih ya sudah ikutan

      Hapus
  2. wah Troye Sivan yaah, aku suka Fools, suka liriknya :D Kalau lagu lainnya baru denger yang Youth aja. Boleh kayaknya nih dicoba lagu-lagunya Troye yang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fools jadi lagu yang sering banget aku putar :))

      Hapus
  3. wah aku suka tipe suara seperti troye ini. Will listen to his other songs later XD
    btw I'm joining your giveaway \o/

    blog.viniamanda.com

    BalasHapus
  4. semoga sukses ya mbak, aku baru tahu penyanyi itu.. sepertinya wajahnya ganteng, semoga suaranya sama dengan wajahnya. nanti coba search di radio online deh hehehe

    salam kenal dan terimakasih sudah bersedia bertandang ke rumah rumpiku

    BalasHapus
  5. Halo Ratri hihi aku lagi coba ikutan giveaway kamu lho hihi

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
  6. Kak Ratri, aku ikutan ya! ^^ Mohon dicek hehe.

    BalasHapus
  7. Btw aku udah melakukan semuanya, follow blog kakak, follow ig, follow twt, masukin link postingan ini, udah masukin link punyaku ke box dan share postinganku ke twt. Maaf aku bilang ini soalnya nama akun twt, ig, sama email aku beda-beda kak. hehehehe. terus ini komen gak di-approv gapapa aku cuman mau bilang ajaaa. Makasih^^

    BalasHapus
  8. Aih, ikutan ah! Lagu Troye yang aku tau cuma Heaven hihihi

    BalasHapus
  9. Hai Ratri, aku sudah ikutan giveaway kamu. :D

    BalasHapus
  10. kakak aku ikutan yaa...

    maaf koneksinya sedang error, jadi keinput banyak :(

    BalasHapus
  11. Uwaah notebooknya lucu lucu. Aku ikutan aaah.

    BalasHapus
  12. Barusan submit link-nya! Yuhuy :D

    BalasHapus
  13. Kak Ratri, ini yang kakak komen di wordpress, takutnya komennya belum kakak baca, aku asih di sini: twt kalyyya ig kkalyaa

    BalasHapus
  14. Ikutan giveaway-nya ya mbak ^^
    note-nya lucu bangeeet.

    BalasHapus
  15. Halo mbak, salam kenal ya.
    Saya ingin submit link artikel saya
    5 Songs I Like Right Now
    https://yohanasiallagan.blogspot.co.id/2017/02/5-song-i-like-right-now.html
    Terimakasih, semoga berjodoh dengan hadiah GA nya.

    BalasHapus
  16. Udah submit,follow dan semoga beruntung dapetin buku ini...

    BalasHapus
  17. mbak , lagu troye sivan kok banyak lirik "Blue" itu menjerumus ke LGBT kah? atau gimana? kok denger lagu si troye dikit2 blue dikit2 blue wqwqwqwq tolong jawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloooo... Troye emang gay :) Bahkan video klip triloginya kan tentang hubungan sesama jenis yang dilarang ortunya.

      Hapus
  18. yey nemu penggemar troye sivan. tos dulu mbak! kalo fav ku sih lagu yang judulnya bite. liriknya asik2 hot *halah 😂😂

    BalasHapus

Thanks for reading! Jangan lupa tinggalkan jejak di sini. If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x