×
Cara Mencegah Buku Menguning

Cara Mencegah Buku Menguning

Foto: Bruce Dixon

Weekend kemarin akhirnya aku punya waktu luang dan niat yang cukup untuk menata ulang koleksi bukuku. Yah, meski akhirnya tetap belum bisa berjajar rapi di rak buku, at least mereka tidak menumpuk penuh debu di sudut kamarku. Satu demi satu aku catat just in case ada yang terlewat. Dan benar saja, beberapa buku yang dipinjam sejak zaman dulu belum dikembalikan! Ah, sedihnya. Tapi yang paling menyedihkan adalah halaman-halaman buku kesayangan yang mulai memperlihatkan bercak kekuningan. Oh, God. I do love old books, but I hate to see the process.

Kenapa buku menguning?
Bahan dasar pembuatan kertas adalah kayu. Sayangnya, meski lebih murah ternyata bahan dasar ini lebih mudah bereaksi dengan oksigen dan cahaya matahari. Kayu mengandung dua zat polimer utama, yaitu selulosa dan lignin. Secara teknis, selulosa ini colorless dan sangat mudah menyerap cahaya sehingga membuatnya buram. Oksidasi selulosalah yang membuat kertas jadi terlihat dull, rapuh, dan less white. Tapi, bukan ini penyebab kertas menguning.

Zat lain dalam kayu adalah lignin yang paling banyak terkandung dalam kertas koran. Bisa dibilang lignin adalah "glue" bagi kayu. Dia berfungsi untuk menguatkan dan mengeraskan kayu. Berbeda dengan selulosa, warna zat ini lebih gelap seperti paper bag cokelat atau kardus Indomie. Tapi, oksidasi lignin lebih tinggi. Oksigen mengubah struktur molekul lignin sehingga warnanya berubah menjadi yellow-brown.

Nah, kertas koran yang biaya produksinya lebih murah mengandung lebih banyak lignin. Sehingga, kertas koran lebih mudah menguning. Sedangkan kertas buku banyak yang di-bleeching sehingga kandungan ligninnya berkurang. Oleh karena itu, saat ini banyak dokumen penting yang ditulis pada kertas acid-free dengan kandungan lignin yang sangat terbatas.

Foto: Sonoma Valley Museum of Art

Cara Mencegah Buku Menguning

  1. Jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Ternyata, hal ini yang membuat bukuku menguning di bagian pinggir. Tanpa aku sadari, pada siang hari sudut kamarku tersorot sinar matahari meski jendela tertutup.
  2. Sampul semua buku! I don't know if this really help, tapi ternyata sinar UV bisa membuat cover buku memudar dan (sepertinya) cepat rapuh. Beberapa buku lamaku yang lupa disampul sudah menunjukkan tanda-tandanya.
  3. Jangan ditaruh di tempat lembab. Beberapa orang mungkin ada yang menyimpan koleksi buku lama di gudang atau langit-langit kamar. Biasanya ini juga dilakukan orang yang pernah pindah rumah dan belum sempat unpacking. Padahal, high humidity bisa merusak kertas. Begitu juga dengan low humidity yang membuat kertas kering, menguning, dan rapuh. So, lebih baik letakkan buku di udara normal saja.
  4. Beri jeda "bernapas"! Meski diletakkan berdiri (posisi yang paling direkomendasikan agar tidak merusak jilid buku), berilah sedikit jarak (kira-kira 3cm) dari dinding atau bagian belakang rak agar sirkulasi udara lancar.
  5. Bungkus dengan plastik wrap atau plastik klip. Oke, bagiku ini agak ekstrim sih. Sebab, kadang aku masih ingin membaca koleksi lamaku. Jadi, cara ini jelas tidak akan aku praktekkan dalam waktu dekat. Tapi, bagi kolektor sih silahkan dicoba.

Untungnya, aku adalah tipe pembaca yang lebih suka meminjam atau membeli e-book terlebih dulu. Kalau bagus dan worth untuk dikoleksi, baru aku membeli versi cetaknya. Maklum, aku ini tipe pembaca yang judge the book by its cover tanpa membaca sinopsis maupun review. Jadi, yaaa...sering ketipu. Oleh karena itu, banyak koleksi bukuku yang masih tersegel sehingga aman dari bercak-bercak kuning.

30 komentar

  1. Makasih tipsnya. Iya nih kadang sebel juga lihat koleksi buku jadi pada menguning karena disimpan

    BalasHapus
  2. Kalau saya tidak masalah buku menguning, yang berat itu justru buku dimakan rayap atau tikus. Dan naasnya saya pernah mengalami keduanya. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh. Ada yang sampai dimakan tikus ya? Pengen pinter juga kali tikusnya hehe

      Hapus
  3. kadang aku udah punnya niat nyampul
    eh waktunya ga ada
    pengen kasih tenpat khusus belum ada sempat
    biasanya gak hanya menguning tapi jadi coklat
    hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah baca blog post-nya Mas Ikrom, sepertinya mas benar-benar terhambat sama waktu ya :)) Kalau begitu beli buku di Togamas saja. Kalau nggak salah ada sampul gratis kan?

      Hapus
  4. Wah aku baru tahu loh mbak. Aku punya banyak buku krn emang suka baca tapi ya gitu sih lama kelamaan buku" menjadi kuning.boleh nih dicobain tipsnya. Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  5. wih ilmu baru.... etapi kadang buku kuning malah jadi wangi hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wangi? Baru tahu malah :/ Baunya punya ciri khas sih. Tapi I don't think it's wangi haha

      Hapus
  6. kita mengalami hal yang sama. hehe. makasih tipsnya.

    BalasHapus
  7. Makasih tipsnya mbak. Kalau saya sih seringnya buku itu lembab. Apa karena rumah saya gampang banget lembab kali ya?

    BalasHapus
  8. Bagian terberatnya adalah : sampul buku. Kalau beli dan langsung pasang sampul mungkin lebih baik ya mba. Aku belum blas. Hehhe

    BalasHapus
  9. Informasinya berguna banget mbak, terutama buatku yang bukunya banyak... ^^

    BalasHapus
  10. Aku pernah ngaruh buku di kardus..taunya disebutin..dan lembab..banyak buku rusak..*nangis

    BalasHapus
  11. buku aku uda numpuk di lemari dan pd lembab jd bau gitu emang paling males itu bagian nyampul mba hahahha bahkan ada yg sampe covernya pada locot 😹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhoooo...sayang banget mba :(( Beli di Togamas aja atau tobuk yang menyediakan free sampul.

      Hapus
  12. harus disampul yaaa... pantesan aja banyak bukuku yang menguning, diriku cukup pemalas ternyata untuk merawat mereka *hiks dan baru tahu tekniknya untuk merawat biar nggak kuning, thank you for sharing

    BalasHapus
  13. kalo menguning sih gamasalah tapi, kalau kena air ujan dan jamuran itu yang bikin pingin nangis, apalagi buku yang belom pernah dibaca yang kena T_T.
    btw kak Ratri, reccomendin bukunya Agatha Cristie dongggg aku mau baca tapi bingung harus mulai dari yang mana hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampuuuuuun :((( Sayang banget kalau gitu, Gis. Ada kok hacks buat buku basah. Tapi tetep aja sih nggak sempurna.

      Nah! Aku bingung kalau "mulai dari mana" :)) Soalnya aku dulu juga baca seadanya. Jadi nggak pernah urut atau gimana gitu. Saranku baca yang Orient Express dulu deh. Atau Catatan Josephine.

      Hapus
  14. Wah baru tahu mbak, untung dari dulu punya keviasaan nyampul buku, emang kadang males buat sampul tapi demi buku kesayangan ya apalah daya :) tks infonya mbak.

    BalasHapus
  15. aku keknya mau coba yg dimasukin plastik itu. tapi susah cari plastiknya di sini. kebanyakan yang jual lebar plastiknya di bawah lebar buku huhu. tapi aku mau coba cari di olshop2 gt. tengkyu infonya kak 😆😆

    BalasHapus
  16. iya mbak..cara terakhir itu sangat ampuh untuk menyimpan buku lebih awet :D
    trims tipsnya :)

    BalasHapus
  17. Yah kalau disampulin wrap berarti nggak bisa dibuka lagi dong... Ada saran nggak kalau misal disampul pake apa gitu tapi tetep bisa dibuka buka... Wkwk

    BalasHapus
  18. Duluuuu waktu masih muda, aku rajin banget bungkus buku dengan sampul plastik. Sekarang sudah malas. Dan, sama. Belakangan ini, sebisa mungkin baca ebook dulu sebelum beli versi cetaknya.

    BalasHapus
  19. Kalo udah terlanjur menguning, bolehkan di kasih plastik wrap?

    BalasHapus
  20. Belakangan ini mulai gemar membeli buku, tapi tidak semua buku bisa di baca dalam jangka pendek (butuh waktu ) alhasil ada beberapa buku yang menguning di bagian tepi nya saja padahal tidak secara langsung terkena cahaya matahari, suhu di kamar juga tidak lembab tapi kenapa masih menguning? Menyimpan nya di tupperware besar (box) apa bisa?

    BalasHapus
  21. Sepertinya bahan kertas novel sekarang ini memang mudah menguning. Saya simpan di lemari kaca dengan tambahan "Serap Air" dari Bagus di tiap raknya, tetap beberapa novel-novel cetakan baru berbercak kuning seperti bekas jamur, ada yg banyak dan ada yg sedikit. Beda dng novel koleksi saya yg dari tahun 80-90an, ditaruh di lemari yg sama tetap awet, meskipun menguning karena usia tapi tidak ada bercak-bercaknya, kuningnya merata.

    BalasHapus

Thanks for reading! Jangan lupa tinggalkan jejak di sini. If you own a blog, don't forget to link it. I will visit you later. x