Minggu ini benar-benar luar biasa. The Legend of the Blue Sea (SBS), Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo (MBC), dan Oh My Geum Bi (KBS) tayang perdana bersamaan, bahkan pada waktu yang sama! Ketiganya pun tayang di stasiun-stasiun TV ternama. Waduh. Jelas saja perebutan rating jadi terasa panas. Tapi, berhubung Oh My Geum Bi wasn't on the buzz, kali ini saya membuat First Impression The Legend of the Blue Sea () dan Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo saja ya. Let's start!


*******************************

The Legend of the Blue Sea
Rating sementara: 

Sudah jelas kan kenapa drama garapan sutradara Jin Hyeok ini sangat dinanti? Yap, apalagi kalau bukan karena pemain utamanya, Lee Min-ho dan Gianna Jun. Bisa dibilang Min-ho ini seperti Rain atau Jerry Yan bagi generasi 90-an. Drama yang dimainkannya pasti setia ditonton oleh ribuan gadis muda. Apalagi, sejak dikenal melalui Boys Before Flowers (2009), dia selalu mendapatkan karakter idaman. Muda, kaya, tampan. Sedangkan Jun dikenal (especially for me) berkat akting lucunya dalam My Love from the Stars (2013). Drama ini merupakan comeback mereka berdua setelah tiga tahun tidak bermain dalam drama korea.

Saya sama sekali tidak mempunyai ekspektasi tertentu. Saya hanya berharap Gianna Jun tetap menghibur saya dengan tingkah konyolnya. Thank God she does! Jun berperan sebagai mermaid bernama Sim Chung. Jika keluar dari air, ekornya akan berubah menjadi sepasang kaki tanpa syarat apapun. Jadi, sepertinya penonton tidak perlu cemas kalau alur drama ini seperti cerita klasik mermaid. Tapi, I believe she has a secret. Beberapa kali disebut tentang kepercayaan masyarakat tentang duyung yang bisa menghapus ingatan manusia dan sesuatu terjadi pada pria yang dicintainya. Well, let's see. Saya yakin Park Ji-eun, sang penulis cerita, tidak akan membiarkan alur berjalan membosankan. Toh dia juga menulis My Love from the Stars.


Sayangnya, karena harus dibandingkan, alur drama ini terasa lambat. Entah karena Jun tidak sehiperaktif karakternya dalam My Love from the Stars atau karena akting Min-ho sebagai Dam Ryung/Heo Joon-jae masih sama seperti dalam drama-drama dia sebelumnya. No, I'm not saying he acts poorly. Tapi, betul seperti yang dikatakan salah seorang teman saya di Facebook, Min-ho ini seperti Yoona SNSD. Karakternya selalu itu-itu saja. Selain itu, pada episode pertama, chemistry mereka kurang terbangun. Fortunately, chemistry pada episode kedua mulai membaik.

Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo
Rating sementara: 

Entah kenapa saya tertarik menonton drama ini. Para aktornya memang tidak sebesar drama sebelah. Tapi, drama ini lucu sekali tanpa terasa dipaksakan. Saya ini bukan tipe orang yang menonton teaser atau trailer drama dulu lho. Jadi, saya sama sekali tidak ada bayangan Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo ini seperti apa. Saya cuma familiar saja sama pemain utamanya, yaitu Lee Sung-kyung yang saya ikuti aktingnya dalam Cheese in the Trap (2016) dan Doctors (2016) dan Nam Joo-hyuk dari Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).


Sepertinya ini drama pertama Sung-kyung sebagai pemeran utama. And I give her two thumbs up!! Sebab, karakter yang dia mainkan benar-benar berbeda. Biasanya, dia menjadi gadis cantik dan anak orang kaya. Dalam drama yang disutradarai Oh Hyun-jong ini, dia hidup sederhana. Namanya Kim Bok-joo. Dia hanya punya ayah dan paman yang menjalankan restauran ayam. Ayahnya pun punya penyakit yang sepertinya serius. Meski tetap cantik, dia tampil chubby, badannya tinggi dan berisi karena dia seorang atlet angkat besi. Saya dengar dia sampai menjalankan program menambah berat badan untuk drama ini. See? Image-nya benar-benar berubah. Aktingnya tetap bagus pula. Salut!

Kehadiran Joo-hyuk sebagai Jung Joon-hyung menjadi pelengkap yang apik. Ummm... Gayanya bukan selera saya sih. Tapi, dia di sini menjadi atlet renang yang ternyata pernah punya cerita menarik dengan Bok-joo saat mereka masih kecil. Oh iya, mereka berdua sekolah di sekolah atlet yang sama. Letak asramanya pun bersebelahan. Jadi, mereka sering bertemu deh dan tingkahnya lucu sekali. Menyenangkan. Meskipun alurnya agak bisa ditebak, sepertinya drama ini tidak akan membosankan. Sebab, banyak karakter-karakter lain yang bisa melengkapi cerita sehingga membuatnya kompleks, tidak melulu fokus pada dua karakter utama.

Oh ya, bagi pecinta drama korea W Two Worlds (2016), Kang Chul alias Lee Jong-suk menjadi kameo pada episode ke-2. Apalagi, perannya sebagai tokoh utama serial kartun juga disindir karena yang menjadi paman Bok-joo, Kang Ki-young, juga bermain di sana. Hal ini menjadi nilai plus karena kebetulan saya juga suka W. Selain itu, The Legend of the Blue Sea juga menghadirkan Krystal Jung pada episode pertama. Sayangnya, kehadiran Krystal kurang berpengaruh.